Apa Itu Trading Option Dalam Investasi Saham?

By on November 1, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 186 kali
Trading Option

Investasi Saham – Meskipun sekarang ini sudah banyak orang yang beralih dari tabungan ke investasi, nyatanya tidak banyak yang mengerti mengenai trading saham. Bahkah ada juga orang yang sudah lumayan lama berkutat di investasi saham, namun tidak tahu apa itu trading option dalam investasi saham. Padahal, trading option ini sudah cukup terkenal diberbagai negara maju dalam kegiatan trading saham. Karena itulah, mari kita cari tau bersama apa itu trading option dalam investasi saham di ulasan berikut ini.

Dalam trading option, Anda tidak harus membeli saham. Namun namun hanya dapat membeli hak dalam menjual dan membeli saham di harga tertentu. Di Indonesia sendiri, trading option ini dikenal dengan nama Kontrak Opsi Saham. Jadi singkatkanya, pengertian dari apa itu trading option dalam investasi saham adalah hak seseorang untuk membeli (call option) atau menjual (put option) saham pada harga tertentu.

Jika Anda masih kurang mengerti apa itu trading option dalam investasi saham, berikut ini ada ilustrasi singkat yang dapat mempermudah Anda memahaminya. Misalnya saja Anda ingin membeli sebuah rumah dengan harga 1,5 M di tahun 2012, tetapi saat itu uang Anda belum cukup. Lalu, Anda membuat perjanjian kepada sang pemilik bahwa Anda akan membeli rumah tersebut di tahun berikutnya dengan harga yang sama. Sebagai tanda bukti, Anda memberi dana pertama sebesar 15 juta dan membuat surat kontrak yang disetujui oleh pihak penjual dan pembeli. Kemudian ada dua skenario yang terjadi pada rumah tersebut.

Skenario pertama adalah dimana harga rumah tersebut naik menjadi 2,5 M karena dibangun sebuah Mal dekat rumah itu. Karena Anda sudah memegang kontrak yang disetujui, Anda tentu mendapatkan profit, bukan? Lalu bagaimana jika rumah yang akan Anda beli terkena bencana alam, sesuai dengan skenario kedua. Nilai dari rumah tersebut pun turun menjadi 1 M saja. Apakah Anda akan mendapatkan kerugian? Tentu saja, namun hanya 15 juta sebesar surat kontrak yang Anda miliki. Nah, ilustrasi ini kemudian kita terapkan dalam investasi saham.

Jadi, dapat disimpulkan jika inti dari apa itu trading option dalam investasi saham adalah untuk mendapatkan profit ketika saham itu dalam keadaan naik. Namun, Anda juga tidak mendapatkan kerugian yang begitu besar ketika saham itu turun. Yang lebih untungnya lagi, Anda hanya membeli surat kontrak atau hak dalam menjual dan membeli saham tersebut tanpa harus memiliki sepenuhnya. Jadi, untuk apa membeli saham yang harganya mahal jika Anda bisa membeli surat kontraknya dan mendapatkan profit yang lumayan besar? Benar-benar menggiurkan, bukan?

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty