Apa Itu Start Up Bisnis?

By on August 13, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 412 kali

Start – Up Bisnis – Apa itu startup bisnis ? Belakangan ini kata start up bisnis atau yang disebut juga bisnis start up banyak kita dengar di berbagai forum atau internet. Namun mungkin masih ada banyak orang yang belum memahami apa itu start up bisnis. Kata start up merupakan serapan dari bahasa Inggris yang artinya tindakan atau suatu proses memulai suatu usaha atau organisasi baru. Lebih gampangnya, start up bisnis merupakan perusahaan yang baru didirikan atau yang masih belum lama beroperasi, atau bisa juga disebut sebagai perusahaan yang masih dalam proses pengembangan. (Baca juga: 4 Persiapan Start Up Bisnis Online)

Istilah start up mulai berkembang pada akhir tahun 90’an hingga tahun 2000. Start up erat kaitannya dengan segala hal yang berbau web, internet, teknologi, dan semacamnya. Mengapa start up erat kaitannya dengan teknologi? Ternyata pada masa periode perkembangan start up tersebut pada tahun 1998-2000 banyak perusahaan dot-com yang didirikan secara bersamaan. Peristiwa tersebut dikenal dengan masa buble dot-com yang akhirnya membuat istilah start up populer pada saat itu. Maksud dari perusahaan dot-com adalah pada saat itu banyak perusahaan-perusahaan yang membuka website pribadinya untuk mengembangkan bisnis mereka. Semakin dikenalnya internet pada saat itu memberikan peluang baru untuk menjalankan bisnisnya. Saat itulah kata start up mulai dikenal masyarakat dan semakin berkembang sampai saat ini. Namun start up bukan semata-mata perusahaan yang baru bersentuhan dengan teknologi, aplikasi, produk-produk, dunia maya ataupun teknologi, tapi bisa juga mengenai perusahaan yang menawarkan jasa, sehingga dengan adanya teknologi tersebut masyarakat bisa tumbuh dengan mandiri dan menyokong gerakan ekonomi masyarakat. (Baca juga: Jangan Melakukan 5 Hal Ini Saat Bisnis Baru Mulai)

Perusahaan yang digolongkan sebagai start up bisnis

Setelah mengetahui Apa itu startup bisnis, berikut ini ada informasi mengenai perusahaan-perusahaan yang digolongkan sebagai start up. Beberapa karakteristik perusahaan yang dapat digolongkan dalam start up bisnis adalah:
· Perusahaan baru didirikan, dan berusia kurang dari 3 tahun
· Memiliki jumlah pegawai kurang dari 20 orang
· Karena baru didirikan, perusahaan tersebut masih dalam proses pengembangan
· Pendapatan yang didapatkan perusahaan tersebut kurang dari 100.000 dollar per tahun.
· Umumnya perusahaan yang tergolong dalam start up adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi
· Perusahaan yang tergolong dalam start up sebagian besar beroperasi melalui internet, seperti website.
· Produk yang dihasilkan perusahaan berupa aplikasi dalam bentuk digital

Dari karakteristik yang dimiliki perusahaan tersebut, bisa dilihat bahwa start up bisnis lebih condong kepada perusahaan yang bergerak melalui internet, yang berhubungan dengan teknologi, dan mempunyai web. (Baca juga: Tips Mencari Supplier Tepat Untuk Bisnis Online Anda)

Perkembangan Start Up di Indonesia

Perkembangan start up di Indonesia bisa dibilang cukup pesat. Hal ini ditunjukkan dari banyaknya founder-founder atau pemilik start up yang bermunculan dan semakin bertambah dari tahun ke tahun. Bahkan sudah lebih dari 1500 start up lokal yang ada di Indonesia. Semakin berkembangnya teknologi dan semakin banyaknya pengguna internet dari waktu ke waktu, inilah yang membuat start up berkembang dengan pesat. (Baca juga: Sumber Modal yang Bisa Digunakan untuk Membuka Bisnis Anda)

Start up di Indonesia dapat digolongkan menjadi tiga kelompok, yaitu start up pencipta aplikasi edukasi, start up pencipta game, serta start up perdagangan yaitu e-commerce. Semakin banyaknya pengguna smartphone, hal itu membuat internet dapat dijadikan sebagai lahan untuk berbisnis. Contohnya saja pada start up game dan aplikasi edukasi yang sangat berpotensi karena mempunyai pangsa pasar yang luas, itu karena tidak hanya anak-anak saja yang suka dengan game. Dengan informasi tersebut, sudah tahu bukan Apa itu startup bisnis.

Incoming search terms: