Apa Itu Saham Aktif dan Saham Tidur?

By on April 12, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 237 kali

Investasi Saham – Apa itu saham aktif? Apa itu saham tidur? Mungkin istilah seperti ini jarang sekali didengar oleh orang kebanyakan, hanya biasanya sering digunakan oleh mereka yang memang bergerak dalam bidang investasi saham. Istilah seperti ini biasanya digunakan untuk membagi saham yang ada menjadi 2 buah bagian, ada yang aktif atau sering digunakan atau diperdagangkan dan ada juga saham tidur atau saham yang jarang digunakan atau diperdagangkan.

Apa itu saham tidur

Untuk membahas lebih jelas tentang saham tidur, maka berikut ini adalah ulasannya. Yang dimaksud dengan saham tidur adakah sebuah saham yang jarang dipergunakan orang atau jarang ditradingkan oleh para trader. Ada beberapa alasan mengapa saham tersebut disebut sebagai saham tidur dan mengapa saham tersebut jarang digunakan oleh para trader, seperti :

  • Jumlah saham yang dipasarkan terbatas
    Dengan terbatasnya saham yang dikeluarkan oleh perusahaan terbuat, membuat para trader terbatas ruang geraknya. Transaksi yang dilakukan juga menjadi terbatas, itu sebabnya mengapa para trader tidak menggunakan saham tersebut.
  • Saham hanya dikuasai oleh kalangan tertentu
    Saham yang ditawarkan pada initial public offering memang banyak, akan tetapi ketika memasuki pasar sekunder, saham ini hanya dikuasai oleh beberapa orang tertentu, hal ini juga membatasi riang gerak trader, dan membuat para trader kurang suka menggunakan saham tersebut.
  • Kinerja perusahaan memburuk
    Jika para trader mendengar bahwa kinerja sebuah peruahaan buruk, maka secara tidak langsung hal ini akan berimbas pada saham yang sedang ditradingkan, ini juga yang membuat alasan mengapa para trader denggan menggunakan saham ini. Semakin buruknya kinerja perusahaan, tentunya akan membuat perusahaan tersebut mengalami penurunan.
  • Tidak pedulinya perusahaan terhadap emiten
    Adalah ketidak pedulian pihak managemen perusahaan atas pergerakan harga saham, baik naik atau turun, hal-hal seperti ini yang secara tidak langsung akan merugikan para investor.

Apa itu saham aktif

Sedangkan yang dimaksud dengan saham aktif adalah saham yang paling banyak digunakan dan ditradingkan oleh banyak trader. Ada banyak sekali penyebab mengapa bisa terjadi hal-hal seperti ini, seperti saham yang ditradingkan tersebut memiliki sebuah keuntungan tersendiri, perusahaan yang mengeluarkan saham tersebut dapat dipercaya, perusahaan yang mengelaurkan saham tersebut tengah berkembang dan mempunyai keuntungan yang besar, atau hal-hal lainnya.

Pastinya ini akan menjadi sebuah prospek yang sangat menjanjikan, mengapa seorang trader memilih untuk menggunakan saham tersebut. Semakin banyak trader yang menggunakan saham tersebut, maka secara tidak langsung akan semakin menambah harga jual dari saham tersebut, dan semakin berkurang trader yang memperdaganggan atau menggunakan saham tersebut, itu artinya saham tersebut akan mengalami kemunduran.
Saham-saham yang banyak digunakan para trader dan banyak ditradingkan seperti ini yang disebut dengan istilah saham aktif. Saham aktif ini banyak sekali.

Cara mengaktifkan saham tidur

Yang menjadi masalah kemudian adalah, bagaimana cara mengaktifkan saham tidur. Sebuah saham tidur memang awalnya sedikit sulit untuk diaktifkan kembali, namun dengan adanya modal yang besar dan adanya dukungan dari berbagai macam pihak maka lambat lain saham tersebut dapat aktif kembali, berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya dilakukan untuk mengaktifkan saham yang tertidur, seperti :

  • Memperbanyak jumlah saham yang beredar
    Jumlah kepemilikan saham yang ada harus lebih banyak, dengan demikian para trader dapat melakukan investasi dengan lebih leluasa.
  • Melakukan ekspose ke public
    Memberikan informasi pada masyarakat luas tentang saham yang barus saja dilepas dan bahwa pergerakan harga yang ada tidak akan mengalami penurunan kembali.
  • Ketegasan berbagai macam pihak terutama managemen perusahaan
    Adanya ketegasan dari pihak managemen perusahaan dan juga ketegasan dari pihak bursa, untuk menetapkan sangsi ketika masalah seperti ini terulang kembali.

Kini Anda tentu sudah mengerti apa itu saham aktif?, semoga dengan demikiana dan dapat lebih teliti dalam memilih saham.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty