Apa Itu Investasi Reksadana

By on September 10, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 318 kali

Investasi Reksadana – Sebagian Anda tentu pernah bertanya apa itu Reksadana, reksadana adalah sebuah wadah yang mengelola sejumlah dana atau modal dari sekumpulan investor yang ingin berivestasi dalam beberapa instrumen investasi yang ada di pasar dengan menyertakan reksadana. Dana yang ada inilah yang kemudian akan dikelola oleh seseorang yang disebut dengan Manager Investasi atau disebut juga dengan MI dalam bentuk portofolio investasi.

Hukum Reksadana

Reksadana ini dilindungi oleh undang-undang pasar modal no 8 tahun 1995 pasal 18, ayat 1. Berdasarkan undang-undang tersebut bentuk hukum Reksadana di Indonesia ini ada 2 macam, yaitu;

1. Reksadana Berbentuk Perseroan terbatas
Ini adalah sebuah perusahaan atau sebuah Perseroan Terbatasyang hanya mengelola portofolio investasi.

2. Kontrak Investasi Kolektif
Kontrak Investasi Kolektif (KIK) ini akan akan mengikat antara Manager Investasi, bank Kustodian dan juga investor, dan melalui kontrak ini para manager investasi akan diberikan wewenang atau hak untuk mengelola portofolio efek dan juga  Bank Kustodian sebagai pelaksana penitipan administasi investasi.

Karakteristik Reksadana

Reksadana juga dapat dibedakan berdasarkan karakterisitiknya, ada 2 karakterisitik dari Reksadana, yaitu ;

1. Reksadana terbuka
Yang dimaksud dengan reksadana terbuka adalah dijualnya kembali nilai sebuah investasi pada perusahaan managemen investasi yang sebelumnya menertibkan investasi tersebut tanpa harus melalui perdagangan bursa efek. Untuk harga jual dari nilai investasi tersebut hampir sama dengan nilai aktiva bersihnya. Jenis Reksadana yang ada saat ini adalah jenis terbuka.

2. Reksadana tertutup
Yang dimaksud dengan reksadana tertutup adalah jenis reksadana yang tidak dijual kembali pada perusahaan managemen investasi yang telah menerbitkan investasi tersebut. Investasi ini hanya dapat dijual kembali melalui sistem perdagangan di bursa efek. Sedangkan harga jual dari nilai tersebut biasanya di atas atau dibawah nilai aktifa bersihnya.

Jenis-jenis Reksadana

Apa itu Reksadana, apakah reksadana hanya ada 1 macam? Reksadana sendiri terdiri atas 5 macam, dan seorang manager investasi dapat memilih jenis investasi mana yang kemudian akan dipilih untuk ditraksaksikan.

1. Reksadana saham
Reksadana saham adalah sebuah investasi yang menggunakan minimal 80% portofolio yang ada kemudian masuk ke dalam saham, hasil dari transaksi menggunakan saham ini biasanya lebih besar, karena seiring dengan pertumbuhan harga saham yang ada saat itu, namun resiko yang akan didapat juga sama besarnya.

2. Reksadana campuran
Ini adalahjenis reksdana yang akan melakukan investasi dalam efek ekuitas dan juga efek hutang. Sedangkan untuk masalah hasil, maka hasilnya terbilang cukup lumayan, namun jika dibandingkan dengan reksadana saham, maka hasilnya tetap lebih kecil.

3. Reksadana Pendapatan tetap
Ini adalah jenis reksadana yang menggunakan nilai portofolionya minimal 80% dan masuk ke dalam efek dalam bentuk hutang. Untuk resiko, jenis investasi ini cenderung lebih besar dari beberapa jenis reksadana lainnya namun hasil yang akan didapat tentunya juga dapat lebih besar dibandingkan dengan beberapa jenis reksadana lainnya.

4. Reksadana pasar uang
Adalah jenis reksadana yang akan menggunakan seluruh nilai investasi ke dalam efek pasar uang dalam bentuk hutang berjangka, biasanya kurang dari 1 tahun. Jenis reksadana ini mempunyai resiko yang paling kecil, namun hasil yang akan didapat cukup lumayan.

5. Reksadana index
Jenis reksadana ini adalah jenis yang menggunakan portofolio untuk masuk ke dalam efek index, namun tidak semua index dapat digunakan, sistem pengelolaannya juga tergolong pasif atau tidak diperjual belikan di bursa, terkecuali jika ada subcription atau redemtion. Itu sebabnya keuntungan dan juga kerugian yang akan didapat dari jenis reksadana ini tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Jika jenis reksadana ini digunakan di bursa efek dengan sebutan Exchange Traded Fund atau ETF dan harganya selalu berubah-ubah bahkan dalam hitungan detik.
Demikianlah artikel tentang apa itu Reksadana, semoga berguna untuk Anda semua.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty