Apa Itu Emas Lokal / Cukim?

By on November 15, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,939 kali
Emas Cukim

Apa Itu Emas Lokal / Cukim?

Investasi Emas – Apakah Anda tahu kalau emas yang ada di toko emas sekarang ini harus melalui proses yang cukup lama? Emas dari pertambangan tidak boleh langsung di jual. Emas tersebut harus melalui beberapa proses dan pastinya memakan waktu yang cukup lama. Hak ini dilakukan untuk memisahkan emas dengan logam lainnya, dan ini disebut dengan pemurnian logam emas. Sistem cukim digunakan untuk menghasilkan kandungan logam emas kadar 99,99% atau kandungan kemurnian logam emas yang tinggi. Biasanya kalangan penambang dan pedagang emas yang akan melakukan sistem cukim seperti ini. Jadi, dapat disimpulkan bahwa sistem cukim emas adalah cara pemurnian logam emas yang dilakukan secara konvensional untuk memisahkan logam lain yang masih tercampur dalam logam emas dan menghasilkan emas murni dengan kadar yang tinggi. Lalu, apa itu emas lokal / cukim?

Emas lokal sendiri adalah emas yang dicetak oleh pabrik lokal yang pastinya melakukan sistem cukim secara konveksional. Emas lokal ini nantinya akan diperjualbelikan di toko-toko lokal serta dapat digunakan sebagai objek gadai oleh lembaga keuangan lokal seperti pegadaian dan bank syariah. Biasanya istilah lokal ini dapat bermakna kota ataupun propinsi. Bentuk dari emas lokal sendiri bermacam-macam, seperti lantakan, bongkah, dan batangan. Nah itu dia penjelasan yang tepat untuk pertanyaan apa itu emas lokal cukim.

Biasanya emas lokal seringkali di bandingkan emas antam. Sebenarnya, apa sih perbedaan antara emas lokal dan emas antam? Jika emas antam memiliki sertifikat yang sudah worldwide standard, maka emas lokal hanya memiliki sertifkat lokal. Emas antam dapat diperjualbelikan atau digadaikan di negara manapun. Sedangkan emas lokal tidak dapat diperjualbelikan atau digadaikan di luar daerah emas tersebut dibuat, termasuk keluar negeri.

Apakah berinvestasi dengan emas lokal termasuk menguntungkan? Ada beberapa rambu yang harus Anda perhatikan demi meminimalisir resiko dalam berinvestasi emas lokal.

Pertama, pastikan untuk membeli emas lokal yang berbentuk batangan. Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, emas lokal memiliki sertifikat lokal yang dikeluarkan oleh pabrik lokal tersendiri. Kenapa harus emas batangan? Karena sekarang ini marak penipuan dengan cara “menyuntikkan” logam lain ke dalam emas. Namun, emas lokal batangan tidak dapat dipalsukan karena pasti akan berubah bentuk jika tercampur dengan logam lain.

Kedua, belilah emas lokal yang dijual di toko yang terpercaya. Biasanya toko emas juga turut mempengaruhi kuitansi dan transaksi emas yang diperjualbelikan. Berbicara mengenai likuiditas dan value emas lokal, sebenarnya nilai lebih kecil dibandingkan nilai emas antam. Namun tidak perlu khawatir jika Anda akan rugi, selama Anda memiliki strategi yang matang dalam investasi emas lokal ini.

Setelah mengetahui apa itu emas lokal /cukim dan perbedaannya dengan emas antam, Anda bisa mengatur rencana terbaik yang dapat Anda gunakan dalam berinvestasi emas lokal. Oiya, perhatikan juga tingkat “Kemuliaan” emas lokal yang hendak Anda beli. Jangan pernah membeli emas lokal yang berada dibawah 16 karat.

Incoming search terms: