Apa Itu Dividen Terselubung?

By on February 27, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 375 kali

Investasi Saham – Dividen, istilah ini sudah sangat akrab di telinga para pemegang saham. Begitu membicarakan tentang dividen, mungkin sebagian dari Anda pernah menemukan istilah dividen terselubung. Apa itu dividen terselubung?

Secara umum, dividen adalah istilah lain dari profit atau laba untuk para investor dari perusahaan yang mereka pegang saham-nya. Besar atau kecilnya laba yang diberikan biasanya tergantung kepada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang akan diselenggarakan sebelum pembagian dividen. Bentuk dari dividen sendiri bermacam-macam, namun yang paling sering adalah uang tunai.

Dividen dianggap pula sebagai objek pajak, karena mirip dengan SHU Koperasi serta berpotensi menambah kekayaan seorang Wajib Pajak. Karena inilah, penerimaan dividen dikenai pajak, sesuai dengan yang tercantum dalam Undang-Undang RI No.36/tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan (PPh) pasal 4 ayat (1) huruf g.

Begitu dikenakan kepada investor perorangan, maka tarif pajak yang dipakai adalah tarif PPh Pasal 21. Sedangkan untuk badan usaha, maka dikenakan tarif PPh Pasal 23. Apakah investor bisa mengelak dari kewajiban membayar pajak ini? Kenyatannya, bisa. Mereka melakukan “manuver taktis” data keuangan atau bisa disebut dengan pengalihan dana melalui kerjasama dengan perusahaan yang mengeluarkan saham tersebut. Maka lahirlah istilah dividen terselubung dari “manuver ini”.

Bila Anda masih belum mengerti apa itu dividen terselubung, berikut ini adalah contoh sederhana dari dividen terselubung.
PT JUX berniat untuk menjual kendaraan dinas dengan harga Rp 500 juta. Kendaraan ini ternyata ditaksir oleh seorang pemegang saham dari perusahaan ini, sebut saja Bpk. Yamir. Akhirnya, Bpk. Yamir berhasil membeli kendaraan ini hanya dengan mengeluarkan uang sebanyak Rp 250 juta saja. Nah, selisih Rp 250 juta inilah yang akan disebut sebagai dividen terselubung. Bpk. Yamir mendapatkan potongan harga dan sudah dianggap sebagai dividen. Namun, karena tidak dicatat oleh PT JUX, maka disebut sebagai dividen terselubung.

Sederhananya, pengertian dari apa itu dividen terselubung adalah keuntungan dari perusahaan yang diambil secara tidak langsung oleh pemegang saham. Dividen terselubung tidak bisa disamakan dengan hubungan istimewa karena tidak dilakukan oleh pihak luar yang memiliki hubungan tertentu dengan perusahaan, melainkan oleh pemegang sahamnya sendiri. Seperti yang sudah disebutkan, dividen terselubung tidak dikenakan pemotongan PPh Pasal 21 dan PPh Pasal 23. Dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-04/PJ.7/1993 tentang Petunjuk Penanganan Kasus-Kasus Transfer Pricing (SERI TP – 1), banyak ditemukan kasus-kasus lainnya mengenai dividen terselubung ini.

Dividen terselubung singkatnya bisa menguntungkan kedua pihak, baik untuk investor yang mendapatkan dividen secara utuh tanpa dikenai pajak, dan perusahaan yang tetap mendapatkan dana dari investornya. Semgoa artikel ini bermanfaat untuk Anda semua yang membacanya.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty