Apa Benar Analisa Fundamental dan Teknikal Juga Berpengaruh Terhadap Investasi Saham?

By on April 4, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 152 kali

Investasi Saham – Apakah analisa fundamental dan teknikal juga berpengaruh terhadap investasi saham? Jawabannya tentu saja akan sangat berpengaruh. Sebelum seorang trader akan masuk sebuah pasar saham, atau mengambil sebuah keputusan untuk melakukan aksi buy atau sel, tentunya seorang trader harus mengetahui dengan baik, kemana harga akan bergerak dan perkiraan akan sampai sejauh mana. Jika seorang trader tidak melakukan analisa fundamental atau teknikal, tentunya trader tersebut tidak akan dapat menganalisa kemana harga akan bergerak, dan bagaimana mengambil keputusan untuk melakukan aski buy atau sel.

Apa itu analisa fundamental

Analisa fundamental adalah teknik mengumpulkan data yang menggunakan berita sebagai informasi mengumpulkan data. Berita yang biasanya digunakan untuk membuat sebuah analisa saham indeks adalah berita yang tentunya berhubungan dengan saham yang dimaksud, sebagai contoh ketika Anda sedang trading pada saham Nikkei, maka secara otomatis, Anda akan mencari berita tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Nikkei, beberapa perusahaan yang tergabung dalam bursa tersebut, dan hal-hal lainnya.

Berita yang ada juga cukup beragam, ada berita yang sudah lampau, berita yang akan dirilis dan berita yang sedang berkembang saat ini. Berita yang sudah lampau tentu saja tidak akan terlalu berpengaruh banyak terhadap harga, sedangkan berita yang sedang ada saat ini, tentu saja sedikit banyak akan berpengaruh terhadap harga. Berita yang akan rilis biasanya akan memunculkan gossip tersendiri, gossip-gosip seperti ini yang biasanya langsung direspon oleh para trader, sehingga ketika berita dirilis tidak akan mengakibatkan hal yang berarti. Ada juga berita yang akan datang namun tidak menimbulkan gossip, hanya akan menjadi pertimbangan apakah berita tersebut bagus atau tidak. Jika berita bagus, maka analisa pasar tentu akan bagus, jika berita yang akan rilis buruk, tentu saja pergerakan harga saham juga akan sell.

Untuk mengetahui berita yang berhubungan dengan fundamental atau berita yang berhubungan dengan trading dapat dilihat di beberapa stasiun televisi yang memberitakan tentang masalah ekonomi, ada juga beberapa web yang membahas masalah berita trading, atau Anda dapat membaca berita trading di salah satu kolom di dalam chart itu sendiri.

Apa itu analisa teknikal

Analisa teknikal adalah teknik mencari data menggunakan hitungan matematis seperti rumus tertentu,  grafik, chart, dll. Seorang tadaer harus memadukan pergerakan harga sebuah pair dengan rumus tertentu untuk memberikan gambaran atau prediksi tentang sebuah pergerakan harga. Ada beberapa hal yang ada berkaitan dengan analisa teknikal, seperti :

  • Grafik harga
    Adalah sebuah perwakilan dari harga pair yang sedang dianalisa, atau sedang dihitung. Terdapat 3 model grafik utama yang ada pada sebuah chart yaitu bar, candlestick, dan juga garis, namun yang paling sering digunakan adalah candlestick.
  • Indikator
    Indikator sendiri adalah sebuah alat bantu yang berupa grafik komplek yang akan membantu trader melakukan analisa trading. Indikator dalam forex ini sendiri ada berbagai macam, ada yang disebut dengan MA, RSI, BB, dll.
  • Tools, metode dan juga teknik
    Teknik trading ini sendiri ada banyak, biasanya setiap trader mempunyai teknik tradingnya masing-masing, walapun menggunakan indikator yang sama, akan tetapi biasanya teknik tradingnya berbeda-beda.
    Alat trading yang biasanya digunakan juga berbeda-beda ada yang menggunakan 1 buah garis bantu seperti support atau beberapa garis bantu trading.

Jadi jawaban tentang pertanyaan apakah analisa fundamental dan teknikal juga berpengaruh terhadap investasi saham?, jawabannya tentu saja penting!

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty