Apa Beda Daytrader & Investor

By on March 23, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,064 kali

Apa Beda Daytrader & InvestorInvestasi Saham – Tujuan utama daytrading adalah untuk perdagangan saham mahal dan stabil di pasar penambahan sebesar 1.000 lembar saham atau lebih, dan keuntungan dari pergerakan harga intraday yang kecil. Daytrading dapat membuat banyak perdagangan dalam satu hari, memegang saham hanya beberapa menit (atau jam), dan hampir tidak pernah bertahan hingga semalam. Harga jangka spekulan  daytrading pendek. Mereka bukan investor, dan mereka bukan pula penjudi.

Daytrading bukanlah berinvestasi. Jangka waktu analisis daytrading agak pendek yaitu satu hari bahkan bisa kurang. Hanya niat mereka adalah untuk mengeksploitasi ayunan harga saham intraday atau volatilitas harga harian. Tidak seperti investor saham, daytrader tidak mencari nilai apresiasi jangka panjang. Mereka bukan tipe-tipe yang mau ngiler kelamaan di depan komputer, tidak mandi seminggu dan tidak makan sebulan seperti penulis ini lho! (Waduh jadi ampuh dong!)  Daytrader selalu lebih menyenangi melakukan trading setiap hari sebagai bagian dari aktifitasnya.

Volatilitas saham umumnya mengikuti aturan pasar. Kebanyakan harga saham bergerak naik atau turun di hari tertentu karena berbagai faktor eksternal. Bahkan jika pasar relatif tenang, selalu ada saham yang volatile. Daytrading berusaha untuk mengidentifikasi saham yang memiliki tren dan kemudian mengikuti tren tersebut. “Trend adalah teman” adalah motto yang umum di kalangan day trader. Daytrading berusaha untuk mengambil pergerakan saham relatif kecil, 1/8 atau lebih pada satu saham. Jika daytrader trading blok besar saham (yaitu, 1.000 saham per perdagangan), maka day trading akan mendapat keuntungan $ 125 dari pergerakan 1/8 harga. Sebaliknya, jika seorang daytrader  mengakuisisi 1.000 saham dan pedagang itu salah, yang juga terjadi, maka day trading  akan kehilangan $ 125 dari pergerakan 1/8 harga. Volatilitas adalah pedang bermata dua.

Untuk saham mahal dengan nilai perdagangan sebesar $ 100 atau lebih, gerakan 1/8 atau 12,5 sen adalah suatu perubahan harga relatif kecil bahwa hal itu terjadi sepanjang waktu. Akibatnya ada banyak peluang trading hari. Hal ini tidak umum untuk melihat daytrader mengeksekusi banyak, kadang-kadang sebanyak 100, perdagangan dalam satu hari. Di sisi lain, kerangka waktu investor adalah lebih lama. Investor mencari pergerakan harga jauh lebih besar dari 1/8 untuk mendapatkan pengembalian pada tingkat yang diinginkan. Hal itu membutuhkan waktu.
Singkatnya, daytrading berusaha untuk mengekstrak penghasilan dari volatilitas harga intraday perdagangan saham sesering mungkin, sementara investor mencari apresiasi modal jangka panjang.