Antara Menabung Dan Investasi, Manakah Yang Harus Anda Pilih?

By on May 17, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 1,668 kali

Edukasi – Anda tentu masih ingat kalimat ini “Menabung pangkal kaya” bukan? Memang semenjak kecil kita sudah diajari cara berhemat dan menabung akibat doktrin dari kalimat tersebut. Tetapi, apakah benar jika menabung saja bisa membuat Anda menjadi kaya? Jawabannya adalah ya, namun tidak 100%. Kebiasaan menabung ini memang merupakan hal yang baik, sayangnya menabung saja tidak cukup untuk mencapai tujuan finansial Anda.

Karena itulah muncul anggapan manakah yang lebih baik diantara menabung dan investasi. Perlu diketahui, salah satu faktor yang menyebabkan nominal uang tabunan semakin merosot nilainya adalah laju inflasi. Memang tidak banyak yang mengerti mengenai laju inflasi saat ini. Karena itulah sudah saatnya bagi masyarakat Indonesia untuk mengubah mindsetnya menjadi mindset seorang investor.

Perbedaan mencolok antara menabung dan investasi tentu saja dari imbal yang didapatkan. Tabungan dan deposito hanya memiliki keuntungan yang kecil, berbeda dengan deposito. Selain itu, investasi dinilai dapat mengimbangi laju inflasi. Banyak masyarakat yang memerlukan edukasi mengenai cara berinvestasi yang tepat agar mendapatkan keuntungan yang besar dan tidak hanya bergantung kepada tabungan semata.

Jika diterangkan dalam sebuah simulasi, contohnya saja Anda menabung di sebuah bank sebesar Rp 15 juta dan Anda diamkan selama 5 tahun. Rata-rata bunga tabungan adalah 1% per tahunnya. Jadi dapat disimpulkan, jika uang Anda hanya bertambah Rp 2,2 juta dalam jangka waktu 5 tahun. Lalu, kita bandingkan dengan deposito yang memiliki return sebesar 6% per tahunnya. Dengan modal sebesar Rp 15 juta dan didepositokan dalam jangka waktu 5 tahun, jumlah keuntungan yang didapatkan adalah Rp 14 juta.

Memang deposito ini mempunyai return yang lebih besar dibandingkan dengan tabungan. Tetapi kenyataannya investasilah yang memiliki return paling besar. Anda bisa saja mendapatkan keuntungan sebesar Rp 61 juta ketika menginvestasikan uang Anda sebesar Rp 15 juta pada produk reksadana saham dalam waktu 5 tahun saja. Ini semua dikarenakan kebanyak investasi memiliki rata-rata imbal balik sampai 20% per tahunnya. Ketika membandingkan manakah yang paling menguntungkan diantara menabung dan investasi. Tentu saja jawabannya adalah investasi.

Untuk sekedar motivasi, sebenarnya kebiasaan menabung yang sudah Anda terapkan sejak kecil adalah langkah awal dalam melakukan investasi dengan benar. Dengan menabung, Anda tentu saja belajar untuk berhemat dan juga disiplin. Dua sifat inilah yang nantinya berguna dalam berinvestasi. Orang yang mempunyai kebiasaan menabung, tentu tidak akan menemui kesulitan dalam berinvestasi. Jadi dapat disimpulkan jika menabung adalah langkah awal berinvestasi, dan investasi adalah langkah cerdas dalam menabunng. Itu dia hubungan yang erat diantara menabung dan investasi.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty