Anggapan Mengenai Investasi Properti

By on June 20, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,156 kali
investasi properti

Anggapan Mengenai Investasi Properti

Hampir disemua jenis bisnis yang ditekuni memang selalu terdapat anggapan – anggapan yang biasanya menjadi mitos dalam masyarakat kebanyakan. Padahal kalau kita perhatikan anggapan tersebut justru mengarah ke suatu hal yang sifatnya belum tentu benar, spekulasi tersebut juga muncul apabila kita menjatuhkan pilihan untuk berinvestasi properti. Terbatasnya informasi yang diperoleh kadang dapat menyulitkan kita dalam mengetahui mana anggapan yang salah maupun fakta, oleh karena itu anda harus bisa memilah-milahnya. Berikut ini ada beberapa anggapan yang sering beredar ke masyarakat mengenai berinvestasi di bidang properti

  • Hanya orang kaya yang berinvestasi properti

Sebenarnya anggapan yang demikian adalah anggapan yang keliru, karena pada dasarnya investasi di biang properti bukan hanya untuk orang kaya saja. Bahkan tak jarang pula orang berinvestasi menjadi sukses karena mereka memulainya dari modal yang kecil. Dan mereka melakukannya dengan kerja keras untuk mencapai puncak kesuksesan.

  • Mempunyai resiko yang besar

Memang sebagian orang beranggapan seperti itu mengingat modal yang harus dikeluarkannya tidak sedikit, dan apabila suatu saat mengalami kegagalan maka kerugiannya pun juga tidak sedikit. Akan tetapi pada kenyataannya justru bisnis investasi properti merupakan salah satu investasi yang tingkat resikonya paling rendah. Terlebih lagi ketika dilakukan perbandingan dengan lembaga keuangan maupun pasar modal yang lain. Sebenarnya resiko itu pasti ada, namun semua itu masih bisa diminimalkan.

  • Investasi terbaik adalah jual beli rumah

Dengan membeli sebuah rumah kemudian rumah tersebut dijual kembali maka hal tersebut merupakan salah satu bentuk investasi, namun disini hal tersebut bukanlah cara yang terbaik. Karena masih ada banyak pilihan lainnya. Kondisi ekonomi saat ini memang harga beli sebuah rumah terbilang tinggi jadi untuk menjualnya kembali tentu memerlukan waktu yang agak lama, dengan demikian anda masih bisa memanfaatkannya dengan menyewakan rumah tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang lebih.

  • Harus berpengalaman

Anggapan ini yang paling masuk akal dari yang lain, namun apabila anda pahami lebih jauh lagi jika semua investor yang akan berinvestasi harus menunggu berpengalaman terlebih dahulu tentu juga tidak akan ada yang namanya bisnis di bidang properti. Sebenarnya pengalaman memang perlu namun hal itu bisa kita dapatkan apabila kita terjun langsung untuk memulainya.

  • Banyak investor yang gagal

Seperti pada umumnya, investasi di bidang properti juga memiliki resiko. Namun bukan berarti anda menjadi takut untuk memulainya dan anda harus paham bahwa hal ini juga terjadi di semua lini bisnis investasi. Biasanya pikiran gagal ini timbul ketika anda merasa kurangnya informasi yang anda dapatkan. Oleh sebab itu pikirkan matang-matang dalam memutuskan sebuah investasi yang tepat dan sesuai dengan kemampuan.

  • Investasi hanya bisa sukses apabila mengenal orang yang “tepat”

Di semau jenis bisnis, memiliki hubungan dengan banyak relasi tentu dapat membantu anda. Namun apakah hal itu menjadi suatu yang wajib? tidak juga. Jadi relasi tersebut dapat anda bangun seiring berjalannya waktu. Anda bisa memulainya dengan saling berkenalan baik itu investor lain, broker maupun semau yang bisa bermanfaat bagi anda di kemudian hari.

  • Properti yang bagus adanya terbatas
    Siapa saja memang membutuhkan tempat tinggal, dan dengan semakin bertambahnya jumlah keluarga tentu akan membutuhkan properti yang baru. Nah, dengan demikian pasti anda akan menemukan sebuah properti bagus yang dapat anda gunakan untuk investasi.
  • Perlu adanya informasi orang dalam.

Pada dasarnya bagi para investor tidak begitu penting mendapatkan informasi dari orang dalam. Karena dengan kebiasaan berinteraksi dengan para ahlinya, maka lama-kelamaan anda juga akan mengerti.

Demikian tadi anggapan-anggapan yang sering kita dengar apabila kita hendak memulai untuk berinvestasi di bidang properti. Namun ada baiknya juga jika hal tersebut bisa anda pelajari supaya kedepannya anda bisa lebih siap.