Anda Perlu Dana, Lebih Baik Gadai Emas Atau Jual Emas

By on December 30, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 1,585 kali
investasi emas

Anda Perlu Dana, Lebih Baik Gadai Emas Atau Jual Emas

Investasi Emas – Anda perlu dana, lebih baik gadai emas atau jual emas? Pertanyaan ini dapat dijawab dengan mengetahui penjelasannya terlebih dahulu baik itu mengenai jual dan gadai maupun kelebihan dari emas itu sendiri. Jika Anda perlu dana, lebih baik gadai emas atau jual emas? Maka sudah pasti diawal Anda sudah mengetahui sebelumnya tujuan dari Anda berinvestasi mengapa menggunakan jenis logam mulia ini.

Menjawab ketika Anda perlu dana, lebih baik gadai emas atau jual emas? Diketahui bahwa emas merupakan logam mulia yang merupakan salah satu dari jenis instrumen investasi dengan jenis instrumen liquid. Emas banyak dipilih masyarakat Indonesia dalam sebuah investasi karena harganya yang sering mengalami kenaikan dan juga jika sewaktu-waktu mengalami keperluan dana, emas bisa dengan mudah dijual maupun digadaikan dengan harga yang tentu saja tinggi. Emas merupakan sebuah instrumen investasi yang dipilih oleh investor karena dalam investasinya jangaka waktunya tidak dibatasi. Sehingga, dalam mencapai tujuan keuangan emas ini tidak akan terikat untuk jangka waktu yang panjang maupun pendek.

Namun, dalam kehidupan seperti halnya sebuah hukum alam. Dana tidak terduga di tengah jalan pasti selalu saja ada termasuk ketika berinvestasi, pasti ada saja di tengah jalan dibutuhkan dana yang mendesak atau darurat. Akibatnya, mau tidak mau akan membuat kita memilih untuk menjual emas tersebut atau menggadaikannya. Sehingga keluar pertanyaan ‘anda perlu dana, lebih baik gadai emas atau jual emas?’

Menjual emas merupakan pilihan ketika dana tersebut dibutuhkan cepat untuk sesuatu yang mendesak dan dana yang dibutuhkan pun merupakan dana segar. Keperluan tersebut biasanya menyangkut musibah termasuk sakit. Ada baiknya pilihan menjual emas ini dilakukan agar di kemudian hari juga tidak terjadi kerepotan. Apalagi jika Anda memiliki keyakinan jika di kemudian hari akan bisa membeli kembali emas tersebut dengan jumlah yang sama ataupun lebih. Maka, menjual emas tidak salah dipilih. Harga jual emas ini tinggi namun tetap mengalami kenaikan dan penurunan atau fluktuatif. Harganya tergantung dari tempat di mana kita membelinya.

Untuk memilih menggadaikan emas dengan gadai emas secara syariah, tidak jauh beda dengan alasan menjual dimana dana yang dibutuhkan cepat dan mendesak. Namun, menggadaikan emas ini harus didahului dengan pemikiran matang di mana sebelumnya telah dipikirkan tentang income yang memadai dan dengan digadaikannya emas investasi ini kebutuhan dapat terpenuhi. Karena kebutuhan ini bukan hanya mengenai sebuah musibah saja yang Anda belum ketahui di beberapa hari kemudiannya yang memungkinkan Anda memiliki proyek sehingga pilihan menggadaikan ini lebih baik untuk dipilih. Dakam penggadaian ini, pengkalkulasian yang cermat serta kemampuan membayar biaya gadai serta biaya menebus kembali emas pun perlu diperhatikan dan dipahami. Gadai emas perlu di manage dengan baik agar tidak terjadi istilah tekor. Harga dari gadai emas sedikit lebih rendah dari pada menjual yaitu sekitar 95% dari harga belinya, dengan penggadaian dilakukan pada bank syariah.