Aman Dalam Investasi? Ini Dia Tips Investasi Emas Berjangka

By on June 8, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 293 kali

Investasi Emas – Tips investasi emas berjangka penting untuk diketahui karena tidak ada investasi yang tanpa resiko, termasuk emas berjangka. Investasi emas berjangka adalah investasi di mana Anda akan memiliki emas dalam bentuk kontrak dan bukannya emas fisik batangan. Salah satu keuntungan dari investasi dengan cara ini adalah karena likuditasnya yang lebih tinggi karena trading emas dilakukan secara online dan real time sehingga Anda tidak perlu beranjak pergi ke toko emas untuk menjual emas. Investasi emas berjangka juga memiliki resiko yang relatif lebih rendah karena modal yang diperlukan juga bisa dimulai dengan nilai yang kecil, adanya undang-undang serta lembaga resmi pemerintah yang menjamin keamanan perdagangan komoditi berjangka ini. Lalu bagaimana tips investasi emas berjangka agar resiko kerugian bisa diminimalisir?

Bijak saat trading

Overtrading adalah kesalahan yang biasanya dilakukan oleh investor pemula, jangan sampai Anda juga terjebak dalam kesalahan yang sama. Overtrading adalah melakukan transaksi yang agresif, dilakukan secara berkali-kali dalam jangka waktu yang terlalu dekat. Hal ini tentu akan mencegah Anda untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar apabila Anda mau menunggu. Jika Anda menggunakan jasa broker untuk membantu dalam trading maka komisi yang mesti dibayarkan pada broker juga lebih besar karena komisi broker biasanya diambil dari seberapa sering Anda melakukan transaksi.

Pastikan legalitas

Satu tips investasi emas berjangka yang aman adalah dengan memastikan legalitas dari trading yang Anda lakukan. Untuk trading emas berjangka yang termasuk dalam komiditi berjangka di Indonesia, perdagangannya dilakukan di Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI). Di dua tempat itulah Anda bisa membeli kontrak emas berjangka dengan resmi dan terjamin keamanannya. Kemudian jika Anda ingin trading dengan menggunakan jasa broker, maka pilihlah broker yang berkredibilitas dan terpercaya. Anda bisa mengecek status legalitas dari kantor broker atau pialang bisa menghubungi kantor Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti. Di situs bappebti.com pun Anda bisa melihat daftar perusahaan broker yang aman.

Tidak bergantung pada supply and demand

Tips investasi emas berjangka yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan faktor-faktor lainnya yang bisa mempengaruhi arah pergerakan harga emas. Hal ini karena perdagangan emas tidak hanya bergantung pada besarnya permintaan dan juga stok barang di pasaran. Misalnya saja pergerakan harga dollar AS bisa mempengaruhi sentiment pasar. Komoditas perdagangan global juga bisa mempengaruhi arah pergerakan harga kontrak emas misalnya minyak, pasar aset saham dan obligasi, dan komoditas global lainnya. Dengan begitu Anda bisa lebih bisa melihat arah pergerakan harga emas dan menentukan posisi transaksi yang pas.

Persiapan mental

Tips investasi emas berjangka poin ini lebih menekankan kepada persiapan mental Anda untuk terjun dalam dunia trading. Banyak kondisi mental yang menyebabkan kerugian pada seorang investor misalnya sifat yang serakah dan mengambil langkah-langkah yang gegabah hanya karena track record pada transaksi sebelumnya berturut-turut positif, atau justru menjadi terlalu takut untuk mengambil posisi karena terbayang dengan resiko-resiko yang bisa menyebabkan kerugian.

Apabila ketika membuka posisi ternyata Anda berada pada posisi yang tidak menguntungkan sebaiknya segera tinggalkan posisi tersebut ketimbang mempertahankannya dengan harapan akan menjadi lebih baik. Melakukan trading tanpa rencana dan ancang-ancang yang matang juga akan membuat Anda terlalu mengandalkan feeling yang bisa beresiko menjadi emosi apabila transaksi ternyata tidak menguntungkan. Jadi, siapkan mental Anda sebaik mungkin sebelum mulai sebagai bagian dari tips investasi emas berjangka.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty