Alur Perusahaan Asuransi menghasilkan Uang

By on April 9, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,519 kali

Alur Perusahaan Asuransi menghasilkan UangAsuransi – Seseorang yang bekerja di perusahaan asuransi selama bertahun-tahun akan melihat langsung betapa  menguntungkannya hasil yang diperoleh perusahaan asuransi. Kami tidak akan mencoba untuk masuk ke seluk beluk rincian namun kami akan memberikan gagasan yang cukup baik dalam bentuk gambaran, bagaimana menguntungkannya menjalankan sebuah perusahaan asuransi.

Asuransi adalah suatu bentuk manajemen risiko. Asuransi dibeli secara pribadi karena kemungkinan besar, potensi kerugian di masa depan. Untuk kompensasi karena kekeliruan, perusahaan asuransi mengambil potensi ini untuk pembayaran di masa mendatang, tertanggung membayar perusahaan asuransi untuk sejumlah uang yang dikenal sebagai premi. Sebagai imbalan untuk pembayaran premi, tertanggung menerima dokumen tertulis yang dikenal sebagai polis asuransi, itu menjabarkan apa peristiwa yang diasuransikan dan berapa nominal pembayaran kepada pemegang polis jika salah satu peristiwa yang telah ada dalam penjabaran terjadi.

Perusahaan asuransi mengumpulkan premi dari sekelompok besar tertanggung untuk menutupi beberapa kerugian yang harus mereka bayar. Mereka menggunakan data historis untuk mencari kemungkinan kerugian dan kemudian menyediakan biaya premi untuk menutupi kerugian tersebut sambil membangun keuntungan untuk diri mereka sendiri.

Sebagai contoh, katakanlah Ada 100 rumah masing-masing senilai Rp.1.000.000.000,00 dalam daerah tertentu. Mereka akan memiliki nilai penuh yang tersedia dari Rp.100.000.000.000,00. Menurut sejarah lingkungan itu, dua rumah diharapkan mungkin akan terbakar selama satu tahun. Tanpa 100 pemilik rumah asuransi harus tetap senilai Rp. 1.000.000.000,00 di bank untuk menutupi kemungkinan kebakaran rumah dan keperluan untuk membangunnya kembali. Dengan asuransi, masing-masing pemilik rumah hanya perlu membayar Rp. 20.000.000,00 ke pool asuransi untuk membayar untuk membangun kembali dua rumah yang terbakar.
2 rumah terbakar xRp. 1.000.000.000,00 = Rp. 2.000.000.000,00 untuk membangun kembali rumah-rumah. Rp. 2.000.000.000,00 dibagi dengan premi 100 pemilik rumah = Rp. 20.000.000,00. Premi Rp. 200.000.000,00 kemudian akan dilakukan peningkatan supaya menambahkan margin keuntungan bagi perusahaan asuransi.

Di samping untuk membangun laba yang ditambahkan perusahaan asuransi dalam setiap premi bawaaan, perusahaan akan tunduk pada pengalaman. Jika dibutuhkan lebih banyak uang premi daripada klaim yang dibayarkan maka perusahaan menerima apa yang dikenal sebagai keuntungan underwriting. Dan, di sisi lain jika membayar lebih dari yang telah diambil maka perusahaan mengalami  kerugian underwriting.

Salah satu cara untuk melihat seberapa baik yang dilakukan perusahaan asuransi adalah untuk melihat rasio kerugian mereka. Rasio kerugian dihitung dengan mengambil kerugian yang harus mereka bayar dan menambah biaya yang timbul untuk membayar pengeluaran aktual yang mengklaim dan membagi jumlahnya dengan premi yang diambil. Sebuah rasio kurang dari 100% menunjukkan keuntungan dan rasio lebih besar dari 100% menunjukkan kerugian.

Dalam banyak kasus, jika rasio perusahaan asuransi adalah 100% lebih besar, mereka masih bisa menguntungkan. Itu biasanya karena ada periode waktu antara pengambilan premi dan pembayaran klaim. Selama periode waktu tersebut, perusahaan dapat menginvestasikan uang yang diambil dan mereka dapat mendapatkan keuntungan dari investasi untuk mengimbangi kerugian underwriting dan perusahaan dapat  berakhir dengan laba bersih. Sebagai contoh, jika perusahaan asuransi membayarkan 15% lebih banyak  dalam klaim premi dan biaya dari yang dibutuhkan, namun membuat keuntungan 25% dari investasi, maka perusahaan tersebut akan menerima keuntungan 10%.

Jadi, seperti dapat dilihat ada lebih dari satu cara untuk meraih profitabilitas bagi perusahaan asuransi untuk menghasilkan uang. Dua faktor kunci dalam seberapa baik hal itu adalah mereka dapat memprediksi pembayaran mereka dan seberapa baik mereka dapat menginvestasikan uang yang mereka ambil.