Alasan Mengapa Dividen Sangat Penting untuk Investor

By on October 30, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 343 kali

Investasi Saham – Apakah Anda tahu apa itu dividen dan ingin mengetahui apa saja alasan mengapa dividen sangat penting untuk investor? Tentunya setiap perusahaan memiliki dividen. Dividen sendiri adalah suatu keuntungan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Keuntungan ini biasanya diberikan kepada para pemegang saham di perusahaan tempat mereka bekerja. Dividen ini diberikan setiap tahunnya secara rutin jika dividen memungkinkan dalam suatu perusahaan. Jika perusahaan bisa membukukan dan mendapatkan laba dari hasil produksi, maka investor akan mendapatkan dividen tersebut. Namun jika dalam perusahaan sama sekali tidak memiliki dividen, maka investor juga tidak akan mendapatkan laba atau keuntungan dari produksi dalam perusahaan.
Berikut ini ada beberapa alasan mengapa dividen sangat penting untuk investor bagi perusahaan yang bisa Anda ketahui :

Membantu pertumbuhan dan perluasan keuntungan dalam perusahaan

Salah satu alasan mengapa dividen sangat penting untuk investor yang bisa Anda ketahui adalah membantu pertumbuhan dan perluasan keuntungan dalam perusahaan. Keuntungan tentunya adalah hal yang ingin dicapai oleh semua perusahaan dalam menjalankan suatu usaha. Keuntungan ini nantinya bisa untuk orang-orang yang terlibat aktif di dalam sebuah perusahaan. Dividen di setiap perusahaan dari tahun ke tahun tentunya semakin meningkat. Dalam hal ini juga perlu memperhatikan bagaimana keadaan atau resiko pasar. Karena saham yang ada tentunya fluktuatif naik turun dan tidak menentu. Sehingga perusahaan kemungkinan tidak akan memberhentikan pembayaran dividen dan justru akan terus membayar dan meningkatkan pembayaran deviden.

Dividen dapat membantu mengevaluasi kondisi ekuitas yang ada di perusahaan

Beberapa alasan mengapa dividen sangat penting untuk investor yang bisa Anda ketahui adalah dividen sendiri dapat membantu untuk mengevaluasi kondisi ekuitas yang ada di perusahaan. Ekuitas saham ini yang menjadikan sebuah parameter atau ukuran yang terpercaya dalam sebuah perusahaan. Cara ini lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan alat ukur lainnya. Untuk mengetahui ukuran keberhasilan suatu perusahaan biasanya menggunakan data statistik dan juga data laporan keuangan dari masing-masing perusahaan yang digunakan oleh investor dan juga para analis perusahaan. Dividen merupakan alat ukur yang cukup stabil dibandingkan dengan alat ukur lainnya. Karena dividen ini hanya berubah sekali dalam setahun.

Berikut ini juga ada beberapa alasan mengapa dividen sangat penting untuk investor yang dapat dilakukan :

Mengurangi resiko yang muncul dalam perusahaan

Beberapa alasan mengapa dividen sangat penting untuk investor yang bisa dilakukan adalah mengurangi resiko yang muncul dalam perusahaan. Resiko adalah suatu ancaman yang dapat mengancam kondisi dan situasi dalam perusahaan. Untuk mengantisipasi resiko kerugian, pihak perusahaan bisa membayarkan dividen secara rutin. Tentunya saham yang sudah membayar dividen lebih unggul dan aman jika dibandingkan dengan saham yang tidak membayar dividen secara rutin oleh sebuah perusahaan. Sehingga akan tetap menjaga keadaan saham yang dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Dividen dapat menjaga daya beli modal perusahaan

Alasan mengapa dividen sangat penting untuk investor selanjutnya adalah dividen dapat menjaga daya beli modal perusahaan. Dividen disini berperan dalam membantu untuk mempertimbangkan dari dampak inflasi yang akan timbul. Karena jika tidak ada dividen, kemungkinan investor akan gagal dalam mempertimbangkan hal tersebut. Jika investor ingin mengetahui penghasilan bersih yang ada dalam perusahaan, harus bisa menjadikan return yang cukup untuk menutup kerugianakibat daya beli yang diakibatkan oleh keadaan inflasi yang ada dalam perusahaan. Nah saat ini tentunya Anda sudah banyak mengetahui tentang alasan mengapa dividen sangat penting untuk investor.