Alasan Investasi Properti Menjadi Favorit Orang Indonesia

By on November 23, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 513 kali

Investasi Properti – Tingkat perekonomian yang semakin lesu, tentunya membuat jalur investasi semakin melambat pula. Namun  hal ini sedikit berbeda dengan Investasi properti, investasi favorit orang indonesia jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan properti, faktor resiko yang diberikan olehnya dapat lebih ditekan dan bahkan diperhitungan dengan baik, sehingga membuat para investor lebih tertarik untuk menggunakannya.

Salah satu survei yang dilakukam oleh lembaga keuangan yang terdapat di indonesia bahkan mengatakan bentuk pernyataan di atas melalui pernyataan yang dibuatnya dalam edisi khusus akhir september 2015 lalu. Dari survei tersebut dinyatakan bahwa seseorang belum merasa memiliki investasi jika investasi yang dimilikinya belum merambah dunia properti. Hal ini diambil berdasarkan data investor indonesia yang mana banyak mengklaim investasi properti sebagai tunjangan dana pensiun yang dimilikinya.

Hal mendasar yang dijadikan sebagai preferensi dari investasi properti ini adalah bentuk resikonya yang jauh lebih sedikit. Namun tetap saja, sebagai instrumen investasi jenis Investasi properti, investasi favorit orang indonesia ini juga tetap memiliki banyak keuntungan dengan resiko yang lebih besar seperti halnya pada intrument investasi lainnya.

Seperti yang sudah disebutkan pada bagian di atas, bahwa investasi properti ini dapat lebih ditekan faktor resikonya, ingin tau apa saja peluang yang dapat meminimalisir resiko invetasi dalam bidang properti tersebut? Simaklah uraian penjelasannya berikut ini :

Harga properti yang cenderung mengalami kenaikan

Salah satu alasan mengapa orang Indonesia lebih menyukai investasi properti, karena harganya memang cenderung naik. Bahkan dalam keadaan ekonomi yang memburuk pun, harga properti tetap saja mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan harga itu sendiri biasanya ditentuklan oleh lokasi dari properti tersebut berada, jika lokasi dari properti berada di lokasi prospektif, maka harga yang dimilikinya pun cenderung meningkat jauh lebih cepat. Lokasi yang disertai dengan beragam bentuk akses serta fasilitas adalah kriteria yang pas untuk prospek tersebut. seperti halnya pada kawasan apartemen serta berbagai macam pusat kegiatan bisnis, komersil, kesehatan, pendidikan, hiburan dan juga berbagai macam hal lainnya.

Dua bentuk sumber pendapatan

Alasan lain yang menjadikan Investasi properti, investasi favorit orang indonesia ini berkaitan dengan bentuk perolehan sumber pendapatan bagi invesitornya yang bahkan dapat dibagi menjadi dua kategori berbeda. Seperti halnya investasi dari bentuk penjualan atau bahkan uang sewa. Pada pendapatan yang dihasilkan memalui sistem penjualan biasanya disebut sebagai capital gain, yaitu pendapatan yang didapat melalui selisih harga jual dengan harga beli.

Namun untuk memaksimalkan keuntungan yang didapatkan, maka investor pun harus cermat dalam memperhatikan beberapa hal diluar harga pembelian yang dilakukan olehnya. seperti halnya pada bentuk biaya tambahan yang bermula dari ongkos notaris, asuransi, komisi untuk pihak agen properti, bea balik nama, biaya pemeliharaan serta pajak yang dimilikinya. setelah semua biaya tambahan tersebut disatukan dengan harga beli, barulah Anda dapat menentukan harga jual dengan lebih pas.

Jika Anda selaku investor tidak terlalu terburu-buru dalam menjual properti tersebut, maka Anda pun dapat melakukan hal lain seperti menyewakan properti tersebut. sementara untuk harga sewa bisa Anda pertimbangkan dengan bentuk biaya tambahan yang mungkin saja harus dikeluarkan selama proses penyewaan tersebut berlangsung. Selain itu, harga sewa juga dapat disesuaikan dengan kawasan yang ada disekitaranya.

Kembali pada tujuan investasi

Pada dasarnya setiap orang yang melakukan investasi harus memiliki tujuan atas investasi yang dilakukan olehnya, baik itu pada instrumen properti atau bahkan pada bentuk instrumen lainnya. Karena tidak semua orang tentunya merasa cocok dengan investasi dibidang properti tersebut, terutama untuk masa depan yang diharapkan olehnya. Walau pun pada dasarnya bentuk yang satu ini masih menjadi primadona, karena Investasi properti, investasi favorit orang indonesia .