9 Tips Amankan Duit Pada Saat Liburan

By on August 5, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,025 kali
investasi

9 Tips Amankan Duit Pada Saat Liburan

Berlibur, pada umumnya menjadi hal yang menyenangkan bagi yang melakukannya. Tak hanya karena tempatnya, tapi karena Anda juga bisa membeli banyak benda unik yang tak ada di daerah Anda. Namun berlibur juga bisa jadi bencana jika uang Anda hilang saat itu.

Seperti dilansir dari Bank Rate, Senin (5/8/2013) banyak pencopet atau pencuri di luar sana yang siap mengacaukan liburan Anda. Jika Anda lengah di tempat ramai, bisa jadi dalam sekejam uang Anda lenyap di bawa lari pencuri.

Namun ternyata hal tersebut masih bisa dihindari dengan beberapa antisipasi. Berikut sembilan cara lindungi uang Anda saat berlibur:

1. Kurangi isi dompet Anda

Saat liburan bawa saja kartu debit atau kredit yang akan Anda gunakan dalam perjalanan. Selain itu, uang tunai yang dibawa juga tidak boleh dalam jumlah banyak. Sisa uang tunai atau kartu lainnya tinggalkan saja di rumah.

Dompet yang terlihat tipis tak akan mengundang selera para penjahat untuk mencurinya.

2. Awasi kartu kredit Anda

Anda harus terus mengawasi kartu debit Anda saat mengambil uang dari ATM. Belilah barang-barang dengan harga yang cukup miring dengan kartu debit tersebut. Perhatikan saat melakukan transaksi karena para pencuri bisa melakukan segala cara untuk menguras isi tabungan Anda.

3. Buat salinan untuk informasi keuangan yang penting.

Buat salinan kartu kredit dan buku rekening bank yang Anda akan bepergian. Jika keluar negeri, Anda juga harus mem-fotocopy passport Anda. Bawalah salinan tersebut kemanapun Anda bepergian.

Anda juga perlu memberitahu pihak bank soal rencana perjalanan Anda. Karena jika tidak, saat kartu kredit atau debit Anda dicuri, pihak bank akan berasumsi Anda yang melakukannya untuk mendapat ganti rugi dari bank.

4. Tetap berjaga di kamar hotel

Jangan terlalu memanjakan diri di ruangan hotel. Hal ini mengingat akses masuk ke kamar tersebut tak hanya dimiliki oleh Anda sendiri.

Menginap di kamar hotel tak selalu bersifat pribadi. Simpan passport, kartu kredit dan debit di tempat yang Aman. Pastikan Anda juga mengamankan penyimpanan barang elektronik Anda seperti laptop.

5. Lindungi uang tunai Anda

Tentu saja saat bepergian atau berlibur Anda akan membutuhkan uang tunai. Sebelum berangkat, pisahkan uang tunai secukupnya sesuai kebutuhan Anda selama berlibur.

Anda juga harus mempertimbangkan tempat berlibur Anda, jika di sana sulit menemukan ATM, baiknya Anda membawa uang lebih. Namun ada anggapan yang mengungkapkan, saat berlibur, bawalah uang dengan jumlah yang tak Anda sesali saat hilang.

6. Hati-hati dengan keramaian

Saat Anda berada di tengah keramaian, Anda ekstra hati-hati

Dari beberapa acara olahraga misalnya, banyak pencuri berkeliaran dan dengan mudahnya mengambil uang si pengunjung di tengah antrean tiket atau dalam stadion.

Jadi jangan melamun saat berada di tengah keramaian, tapi pastikan Anda memegang erat-erat barang yang Anda miliki.

7. Hati-hati pencopet

Tetap fokus dan waspada akan membantu Anda terhindar dari tangan pencopet.Saat sedang berada di tempat umum, jangan menyimpan tas di lantai atau di kursi tempat Anda makan.

Hal tersebut bisa mengundang pencopet dan Anda bahkan tak akan menyadari kapan si pencopet mengambil isi tas Anda. Terlebih di bus, jangan membiarkan tas Anda tergantung di punggung karena hal tersebut memudahkan mereka melakukan aksinya.

8. Kenali tempat tujuan wisata sebelum berangkat

Sebelum berangkat, Anda bisa mengakses nomor-nomor penting seperti nomor telepon kantor polisi di sana. Saat pertama kali khususnya, mengumpulkan berbagai informasi dapat melindungi Anda selama berlibur.

9. Hitung kembali pengeluaran Anda

Sekembalinya dari tempat liburan, Anda sebaiknya memeriksa kembali seluruh pembelian dan uang yang telah dikeluarkan untuk membayarnya.

Khusus untuk kartu kredit dan debit, Anda harus segera melakukannya. Jika Anda baru menyadari ada yang salah satu bulan kemudian, maka waktu itu sudah terlalu terlambat untuk memeriksanya kembali.

(Siska Amelie F Deil, Liputan6 News)