8 Cara Mudah Merencanakan Keuangan Keluarga Muda

By on June 17, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 242 kali

Perencanaan Keuangan – Mengelola keuangan dengan tips merencanakan keuangan keluarga memang tidak mudah. Terutama bagi keluarga muda yang pada tahun-tahun pertama seringkali dilanda krisis keuangan. Ditambah lagi saat jumlah keluarga bertambah dengan hadirnya buah hati. Kondisi ini secara otomatis akan menambah pengeluaran sementara penghasilan yang didapat jumlah tetap. Sangat penting mengetahui cara mengelola keuangan sehingga berapapun jumlah penghasilan, semua kebutuhan keluarga dapat terpenuhi.

Mengerti kondisi keuangan keluarga

Mengerti kondisi keuangan keluarga adalah langkah pertama untuk mengelola keuangan keluarga. Mengetahui kondisi keuangan ini berarti bahwa Anda harus tahu berapa isi tabungan. Selain isi tabungan, Anda juga harus tahu besarnya tagihan-tagihan seperti listrik, servis berkala, telepon hingga belanja bulanan dan juga biaya untuk pemeriksaan kesehatan. Mengerti juga seberapa banyak hutang yang Anda miliki mulai dari cicilan rumah, pinjaman bank, mobil hingga kartu kredit.

Mulai menyusun anggaran

Dengan mengetahui dan memahami kondisi keuangan keluarga, maka Anda bisa bergerak lebih lanjut dengan menyusun anggaran atau rencana keuangan. Buatlah rencana keuangan yang realistis namun juga obyektif untuk tidak memasukkan pengeluaran yang tidak diperlukan. Tidak perlu rencana keuangan yang sempurna dengan menghindari semua pengeluaran. Pastikan saja jika rencana keuangan yang Anda buat memiliki jumlah realistis yang wajib untuk dipatuhi.

Butuh vs ingin

Salah satu hal yang membuat rencana keuangan keluarga membengkak adalah saat Anda tidak bisa memilih antara kebutuhan dan juga keinginan. Sehingga pengeluaran seringkali dihabiskan untuk memenuhi keinginan bukan kebutuhan. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat membuat tabel belanja dengan kolom kebutuhan dan keinginan. Berikan tanda centang pada daftar belanjaan pada kolom yang sesuai. Cara ini efektif membantu Anda menentukan barang-barang yang dibutuhkan.

Menghindari hutang

Tips merencanakan keuangan keluarga yang tepat akan membuat Anda terhindar dari hutang. Adanya hutang disebabkan oleh gaya hidup konsumtif yang tidak memperhatikan penghasilan saat memenuhi kebutuhan. Hal ini mendorong seseorang untuk berhutang konsumtif atau justru memilih untuk membeli barang secara kredit. Sedari awal berikan pondasi keuangan keluarga dengan menjalani pola hidup sederhana, yang belanja sesuai kebutuhan dan menghindari hutang konsumtif.

Kurangi belanja konsumtif

Tanpa disadari kebiasaan kecil yang Anda anggap remeh justru memberikan peran yang cukup besar pada bertambahnya pengeluaran keuangan keluarga. Seperti kebiasaan makan di restoran dengan teman setiap akhir pekan tidak sengaja menambah pengeluaran semakin besar. Untuk keuangan keluarga yang sehat, mulai kurangi belanja konsumtif seperti makan di restoran dengan menggunakan uang tersebut untuk ditabung atau pos belanja yang lebih penting lainnya.

Membuat tujuan keuangan

Untuk membantu perencanaan keuangan keluarga semakin kuat, sangat penting membuat tujuan. Dengan kata lain, perencanaan keuangan yang Anda buat tidak hanya dalam rangka mengelola keuangan keluarga melainkan juga untuk mencapai tujuan yang Anda buat bersama pasangan. Seperti ingin membeli mobil atau menyekolahkan buah hati di sekolah internasional dan tujuan lainnya. Sehingga Anda lebih termotivasi untuk patuh pada rencana keuangan yang Anda buat.

Menabung

Kebiasaan buruk yang menghalangi suksesnya perencanaan keuangan keluarga adalah tidak menyisihkannya untuk ditabung. Saat menerima gaji, segera sisihkan gaji untuk kebutuhan pengaluran dan juga untuk ditabung. Untuk membuat hal ini menjadi mudah, sebaiknya buat rekening terpisah untuk keperluan tabungan dan juga untuk memenuhi kebutuhan pengeluaran. Hal ini akan membantu Anda memenuhi tujuan keuangan yang Anda buat.

Mencoba investasi

Menyisihkan gaji untuk ditabung akan membutuhkan waktu cukup lama sehingga target tujuan yang Anda buat tercapai. Untuk menyiasatinya, Anda harus memikirkan cara mendapatkan uang tambahan sehingga bisa dimasukkan tabungan. Salah satu cara mendapatkan uang tambahan adalah dengan investasi. Pilih investasi paling aman dengan berkonsultasi langsung kepada konsultan keuangan. Sehingga investasi yang Anda lakukan menguntungkan dan tips merencanakan keuangan keluarga yang Anda terapkan sukses mencapai tujuan yang Anda buat.