6 Istilah Dalam Perdagangan Emas

By on March 31, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 205 kali

Investasi Emas – Istilah-istilah dalam perdagangan emas – Perdagangan emas tidak hanya dilakukan secara offline, akan tetapi perdagangan emas juga dilakukan secara online, seperti ada online trading. Dalam perdagangan emas secara online ada banyak istilah-istilah asing yang mungkin tidak banyak dipahami orang akan tetapi hanya dipahami oleh beberapa orang yang terbiasa bergerak dalam bidang online trading. Berikut ini adalah beberapa istilah yang sering kali disebutkan dalam berita tentang perdagangan emas:

Bulion

“Bullion” sendiri adalah sebuah istilah untuk mendeskripsikan atau menyebut emas dengan kadar kemurnian minimal 99,5%, biasanya emas seperti ini berbentuk batangan atau berbentuk koin. Emas seperti ini biasanya dijadikan sebagai sebuah asset investasi dan bukan sebagai perhiasan. Kata “Bullion” sendiri berasal dari 2 bahasa yaitu bahasa Inggris  pada abad pertengahan sebuah tempat pelelehan bullion, dan juga bahasa perancis kuno “boillon” yang berarti cairan mendidih.

Comex

Comex sendiri adalah sebuah singkatan dari Commodity Exchange. Merupakan salah satu divisi yang ada pada bursa komoditas New York atau New York Mercantile Exchange (NYMEX). Tempat ini menjadi sebuah tempat perdagangan komoditas futures yang ada di dunia, dan yang paling terkemuka, dalam hal komoditas, dan salah satunya adalah emas, aluminium, tembaga, dll. Sebenarnya selain Comex masih ada juga beberapa komoditas futures emas yang ada di kancah internasional seperti Tokyo Comodity Exchange / TOKOM dan juga London Metal Exchange / LME.

Peringkat emas / Grade

Peringkat emas atau dalam istilah komoditas futures adalah grade, mengacu pada kemurnian atau kualitas akan emas yang dipesan dengan menggunakan kontrak berjangka / futures. Definisi grade sendiri sangat bervariasi tergantung pada bursa dan kontrak yang sedang dilakukan. Terdapat banyak sekali produk yang ada pada setiap bursa emas yang ada di seluruh dunia, itu sebabnya harga emas yang ada di beberapa tempat tidak sama. Kata grade juga digunakan untuk perdagangan komoditas agrikultur lainnya seperti gandum, kopi, kedelai, beras, dll. ketika seseorang melakukan pesanan terhadap sebuah komoditas tertentu maka dia harus menyebutkan dengan jelas peringkat atau grade atas komoditas yang akan dipesan, kemudian pesanan tersebut harus diantarkan ketika kontrak telah jatuh tempo.

Karat

“Karat” dapat disingkat menjadi kt atau ct, adalah sebuah istilah yang biasanya  digunakan untuk mengukur kadar kemurnian emas tersebut. Skala yang akan digunakan adalah 24, ketika sebuah emas disebutkan mengandung kadar 24 karat, itu artinya emas itu murni. Asal kata karat sendiri berasal dari bahasa Yunani “Keration” yang mempunyai arti buah dari pohon Carob. Sejak zaman dahulu buah dari biji ini mempunyai berat yang sama, itu sebabnya biji ini sering digunakan sebagai alat bantu ukur berat.

Kata karat ini sendiri biasanya banyak digunakan untuk istilah emas perhiasan, sedangkan untuk emas batangan atau koin, biasnya diidentikkan dengan 24 karat.

Troy ons / Troy ounce

Biasa disingkat menjadi t oz, beratnya sama dengan 31.1 g. Biasanya kata ini digunakan untuk mengukur satuan berat logam mulia, seperti permata  dll. bubuk mesiu yang ada pada abad pertengahan juga diukur berdasarkan troy. Troy itu sendiri berasal dari kata Perancis, “Troyes. Hingga saat ini istilah troy ons masih banyak dilakukan untuk satuan emas, emas batangan atau koin, biasnya dihitung menggunakan patokan ini. Untuk 1 kg emas batangan biasanya sama dengan 32.15 troy ons.

Cadangan emas / Gold reserve

Adalah cadangan emas dalam bentuk bullion yang disimpan oleh bank sentral sebuah negara atau kantor kas sebuah negara. Cadangan emas ini akan berpengaruh terhadap kontribusi dan juga kredibilitas sebuah negara untuk menerbitkan mata uang dan obligasi.

Demikianlah istilah istilah-istilah dalam perdagangan emas, semoga bermanfaat untuk Anda dan menambah pengetahuan untuk Anda.

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty