5 Tips Mengatasi Perubahan Karyawan Menjadi Entrepreneur

By on March 17, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 297 kali

Bisnis – Beberapa tips menghadapi perubahan dari karyawan ke enterpreneur sangat diperlukan bagi mereka yang baru saja memutuskan resign dan merintis usaha mandiri. Jika karyawan selalu berada dalam suasana kerja yang stabil, tidak demikian dengan menjadi entrepreneur. Saat memutuskan menjadi entrepreneur, Anda akan dihadapkan pada suasana hingga jam kerja yang tidak stabil. Lebih dari itu, ada hal-hal tidak terduga yang tidak pernah Anda alami selama menjadi karyawan. Meski begitu, tidak seharusnya hal tersebut membuat Anda patah semangat. Berikut ini tips beradaptasi dalam kondisi peralihan dari seorang karyawan menjadi entrepreneur:

Tidak harus sempurna

Saat menjadi karyawan, tidak ada celah sedikitpun bagi Anda untuk melakukan kesalahan. Setiap pekerjaan atau proyek tertentu harus Anda kerjakan dengan sempurna. Secara tidak langsung, kebiasaan ini bisa jadi terbawa saat Anda mulai menjadi entrepreneur. Padahal untuk menjadi entrepreneur, Anda tidak memerlukan kesempurnaan. Semakin lama Anda menunda rencana usaha sampai sempurna, maka semakin kecil pula peluang usaha mandiri berkembang. Jika Anda sudah memiliki ide usaha, segera kerjakan. Tentu dengan rencana yang telah Anda susun terlebih dahulu. Kesempurnaan datang bersamaan dengan waktu yang Anda jalani untuk mengembangkan usaha.

Jam kerja tidak terbatas

Jangan berpikiran sempit dengan mengatakan bahwa menjadi entrepreneur justru akan membuat jam kerja Anda yang sangat padat menjadi lebih santai. Menjadi entrepreneur justru membutuhkan waktu dan energi Anda sebanyak-banyaknya. Sebagai karyawan, Anda terbiasa dengan bekerja dari jam 8 hingga jam 5. Kebiasaan tersebut harus Anda buang karena saat pertama kali merintis usaha, Anda harus bekerja lebih dari 10 jam untuk mewujudkan usaha mandiri yang selama ini diidamkan. Anda perlu bekerja dengan durasi lebih banyak dari jam kerja karyawan sehingga usaha yang ingin Anda bangun berkembang dan pelan-pelan memberikan keuntungan.

Menguasai berbagai keahlian

Menjadi karyawan tidak menuntut Anda memiliki banyak keahlian. Perusahaan justru membutuhkan keahlian khusus yang Anda miliki untuk mengerjakan bagian tertentu sesuai keahlian Anda. Namun jangan berharap hal ini terjadi saat Anda mulai merintis menjadi entrepreneur. Sejak awal merintis usaha, Anda harus siap dengan segala keahlian yang ada. Sebagai pemilik usaha, Anda harus mampu menangani semua pekerjaan yang ada pada awalnya. Menjadi desainer packaging, menjadi bagian pemasaran hingga menjadi bagian produksi adalah semua keahlian yang harus Anda miliki selama menjadi entrepreneur.

Disiplin jadwal

Menjadi entrepreneur memang membuat jam kerja Anda menjadi fleksibel. Meski begitu tidak berarti jika Anda bisa sembarangan dengan jadwal yang Anda buat. Sebelumnya Anda harus membuat jadwal yang tepat mengenai proses produksi, promosi hingga bagaimana strategi penjualan. Sebagai pemilik usaha baru, Anda harus memastikan semua hal yang berkaitan dengan bisnis Anda telah terjadwal dengan baik. Patuhi atau disiplin jadwal sehingga target usaha dapat dicapai. Meski begitu, jangan hanya karena terpacu jadwal, Anda harus merasa tertekan seperti saat menghadapi ketatnya jam kerja karyawan. Paling penting hanyalah konsistensi atau disiplin pada jadwal yang dibuat.

Menabung modal usaha

Beberapa pemilik bisnis mandiri menegaskan bahwa untuk membangun bisnis tidak perlu modal. Meski begitu tidak lantas membuat Anda mulai merintis bisnis tanpa uang sedikitpun. Untuk memulai usaha, Anda tetap memerlukan modal. Sebagai karyawan, sebelum mengundurkan diri atau resign, menyisihkan gaji menjadi modal adalah keharusan. Sangat dianjurkan untuk menyisihkan modal dari gaji yang Anda miliki selama 4-6 bulan. Jika bisnis yang Anda rintis memiliki skala yang besar, maka waktu mengumpulkan modal juga harus diperpanjang. Dengan beberapa tips menghadapi perubahan dari karyawan ke enterpreneur ini, Anda akan lebih mudah menjalani perubahan dari karyawan menjadi entrepreneur.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty