5 Tips Memulai Bisnis Sampingan Pertama

By on March 30, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 302 kali

Bisnis – Mengawali usaha dengan mencari tips memulai bisnis sampingan pertama anda memang tidak mudah. Meski begitu, bukan berarti bisnis sampingan tidak dapat diwujudkan. Saat perekonomian semakin sulit, dan pekerjaan Anda menjadi pertaruhan setiap harinya, bisnis sampingan adalah upaya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jika bisnis sampingan ini mampu Anda kembangkan, bisa jadi Anda tidak lagi membutuhkan pekerjaan selain mengurusi bisnis yang menguntungkan. Berikut ini 5 tips memulai bisnis sampingan:

Kenali dan kuasai produk yang ditawarkan

Satu hal paling sulit dilakukan saat memulai bisnis pertama kali adalah menentukan produk. Diantara sekian banyak peluang bisnis yang ada, harus ada satu peluang yang Anda ambil sebagai usaha sampingan. Cara paling mudah mencari peluang bisnis adalah dengan mengunjungi toko online yang ada. Dari toko online ini, Anda dapat mengetahui produk apa saja yang paling banyak diminati. Saat produk sudah ditentukan, coba kenali produk tersebut. Tidak hanya mengenali tapi juga harus Anda kuasai. Tidak hanya mengenai produksinya tapi juga kelebihan dan kekurangannya. Strategi promosi produk juga harus Anda kuasai dengan baik. Sehingga produk yang Anda tawarkan bisa berkembang dan diminati konsumen.

Sumber daya modal yang murah

Tidak peduli seberapa besar modal yang Anda miliki, bijak memakainya adalah keharusan. Jangan biarkan keinginan Anda memulai usaha yang menggebu-gebu justru membuat Anda menggunakan modal dengan boros. Biasanya seorang pebisnis yang baru mulai membangun usaha pertamanya cenderung menghabiskan banyak biaya untuk membuat bisnisnya berkembang. Namun hal tersebut tidak perlu dilakukan karena masih banyak hal yang harus Anda lakukan untuk memastikan usaha sampingan pertama Anda sukses di pasaran. Karena itu pastikan menggunakan sumber daya modal dengan baik sehingga lebih efektif mengembangkan bisnis Anda.

Mengerti kelemahan

Sebagai seseorang yang baru pertama kali merintis usaha sampingan, banyak kekurangan yang akan Anda dapati sebagai rintangan berkembangnya bisnis Anda. Sebelum kekurangan ini menghalangi kesuksesan bisnis Anda, ketahui dengan baik semua kekurangan Anda. Saat Anda mengetahui kekurangan ini, sangat disarankan untuk mencari partner untuk menutup kekurangan Anda. Jika Anda tidak mendapatkan partner usaha yang tepat, satu-satunya solusi adalah dengan belajar menghilangkan kekurangan Anda. Namun belajar seringkali membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Karena itu kerja keras, tekun dan telaten adalah kunci untuk memulai usaha sampingan untuk pertama kalinya.

Melakukan survei pasar

Bahkan ketika Anda sudah mengambil produk yang paling diminati konsumen, peluang usaha Anda tidak diminati masih cukup besar. Selain mengenali dan menguasai produk yang Anda tawarkan, Anda juga harus sangat memahami keinginan konsumen. Untuk mengetahui keinginan konsumen, survei pasar harus dilakukan. Dengan survei pasar, Anda tidak hanya bisa mengetahui keinginan konsumen saja. Melainkan Anda bisa mendapatkan umpan balik dari pelanggan mengenai produk yang Anda tawarkan. Sehingga Anda bisa lebih mengembangkan produk sesuai dengan target pembeli yang Anda buat.

Terbiasa dengan tantangan

Usaha pertama selalu berpeluang besar untuk gagal. Meski tidak menutup kemungkinan bahwa usaha pertama yang Anda rintis akan sukses, namun Anda harus bersiap-siap dengan kegagalan. Karena itu jangan biarkan kegagalan membuat Anda patah arang dan memutuskan berhenti membangun usaha sampingan. Kegagalan adalah tantangan yang harus Anda taklukkan bukan hal yang harus membuat Anda berhenti berjuang. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus terbiasa dengan kegagalan. Justru saat Anda mengalami kegagalan, saat itulah Anda harus melakukan evaluasi dan menjadikannya pembelajaran. Terbiasa dengan tantangan sebagai tips memulai bisnis sampingan pertama anda, akan membuat Anda tidak mudah menyerah merintis usaha sampingan.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty