5 Tips Hadapi Jebloknya Pasar Saham

By on November 15, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 454 kali

Investasi Saham – Beberapa orang memperkirakan volatilitas dari pasar finansial akan berlangsung untuk beberapa bulan selanjutnya dan akan melalui banyak tantangan. Yang menjadi pertimbangan salah satunya yaitu kekhawatiran mengenai ekonomi Amerika Serikat dan Eropa masuk lagi ke masa resesi. Terjadinya krisis uang juga bisa mengancam sewaktu-waktu, sementara di Amerika sendiri Federal Reserve nampaknya juga tidak dapat berbuat banyak walaupun telah menurunkan tingkat bunga untuk jangka pendek maupun menengah. Namun tentu prediksi dari para ahli tidak selamanya selalu benar. Sebab mungkin juga pemimpin Eropa menemukan cara dalam menyelesaikan permasalahan ekonominya.

Sementara dari Washington, bisa saja mereka menemukan jalan untuk mencairkan kembali kredit perumahan yang tengah membeku. Dengan demikian lapangan kerja bisa kembali tumbuh. Akan tetapi hal ini perkiraan yang terlalu optimis, karena menurut Jack Ablin seorang perencana investasi mengatakan ada 5 langkah yang dapat dilakukan untuk menghadapi pasar yang memburuk:

Menyusun strategi yang sesuai sebelum kondisi pasar semakin memburuk

Apabila kita ingin melakukan investasi saham, maka kesempatan itu ada dalam bearish market. Kita dapat membeli saham yang berkualitas ketika pasar saham tengah jatuh. Kita cari emiten yang bisa memberikan deviden. Apabila kita tidak ingin keluar biaya yang besar, maka berinvestasilah dengan cara bertahap dengan saham-saham yang dapat memberikan deviden dan kemudian anda bisa kembali keluar.

Merencanakan uang sebelum melakukan investasi saham

Uang memang pernah menjadi alat tukar yang utama sebelum nilainya jeblok. Akan tetapi tidak berarti kita bisa memperoleh keuntungan dari uang tersebut. Kita harus fokus terhadap kebutuhan dalam jangka pendek seperti kebutuhan dana yang darurat, tagihan pajak, pengeluaran asuransi dan sebagainya.

Persiapkan” dana pensiunan” anda

Dana untuk pensiun disini tidak berarti dana tunjangan hari tua, akan tetapi sejumlah uang yang dihasilkan dari pasar saham. Jadi jangan berhenti untuk terus berinvestasi hanya karena alasan kondisi pasar tengah menurun. kita bisa memborong banyak saham disaat indeks sedang jeblok. Carilah perusahaan yang prospektif.

Melindungi aset-aset kita

Apakah anda memiliki berbagai macam simpanan atau asuransi untuk digunakan sebagai uang muka rumah dalam waktu dekat? Apabila tidak, maka tidak ada gunanya memasuki pasar modal. Sebaiknya anda konsentrasi dahulu dengan hal tersebut.

Jujur dengan penasihat keuangan anda

Apabila kelihatannya risiko sudah mulai mengancam, maka anda harus berkomunikasi dengan seorang penasihat keuangan. Pertanyaan yang berat biasanya adalah apakah anda sudah siap untuk rugi banyak? dan apabila anda akan pensiun, maka mintalah kepada penasihat untuk segera melakukan hedging ketika pasar saham sedang jatuh.

Siapa yang dapat kita percaya dalam melindungi saham? penasihat yang ahli sekalipun akan selalu mendengarkan aspirasi dan kekhawatiran kita. Pada dasarnya tidak ada masalah kondisi pasar bergerak bagaimana, apabila penasihat keuangan bisa bekerja sesuai dengan keinginan kita. Bila mereka pekerjaannya sangat bagus, maka jelas tidak akan ada istilah bearish atau bullish.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty