5 Rumus Fundamental Menaklukkan Emas (1)

By on March 9, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,441 kali

5 Rumus Fundamental Menaklukkan EmasInvestasi Emas – Apa kabar para pembaca? Kali ini penulis datang lagi dengan sebuah ide fundamental untuk menaklukkan emas. Eh, emas khan benda mati, bagaimana kita menaklukkan benda mati? Benda mati sih benda mati. Anda bahkan kadang tidak melihatnya karena Anda adalah orang modern yang melakukan perdagangan emas secara online.  Namun jika Anda tidak menaklukkannya, Anda sendiri yang akan keok kehilangan uang habis-habisan. Menaklukkan di sini, Anda akan melakukan suatu analisa fundamental yang dapat membuat Anda mulai menuai profit dalam melakukan perdagangan emas.

Dalam artikel ini akan dibuka 5 strategi fundamental mudah yang mungkin tidak terlintas sama sekali dalam kepala Anda. Namun perlu diingat, strategi fundamental biasanya lebih cocok untuk trading jangka panjang walaupun tidak tertutup kemungkinan strategi ini diterapkan sebagai daytrading. Sekali lagi, penulis hanya menyuguhkan teori, sedang mengenai jenis trading yang paling cocok bagi pembaca (daytrading atau bukan) silahkan bereksperimen sendiri.  Di bawah ini adalah 5 strategi yang Anda tunggu:

Memantau Nilai Dollar

Emas diperjualbelikan di seluruh sudut di dunia ini entah itu berwujud batangan, koin ataupun kontrak-kontrak online seperti bentuk-bentuk trading modern. Karena diperjualbelikan tentu saja dibutuhkan alat jual beli. Dalam hal ini Dollar adalah mata uang yang paling banyak digunakan dalam perdagangan emas. Dollar adalah mata uang yang paling bertanggung jawab dalam naik turunnya harga emas. Dengan alasan tersebut, mulailah mencari portal-portal news keuangan / finansial internasional terutama yang paling awal mengabarkan fluktuasi nilai Dollar. Biasanya portal-portal ini akan merelease beritanya secara teratur. Kami tidak dapat menyebutkan sumber-sumber mana saja, Anda memiliki kecerdasan untuk mengksplore sendiri di internet.

Setelah Anda menemukan salah satu, salah dua atau salah tiga , catat di jam-jam mana saja portal-portal tersebut merelease berita. Fokuskan mencari berita hanya pada berita-berita yang informasinya dapat mempengaruhi nilai Dollar. Rumusnya adalah: jika ada indikasi nilai Dollar turun, maka hal yang sebaliknya akan terjadi pada emas. Jika terdapat indikasi nilai Dollar naik, maka hal yang sebaliknya akan terjadi pada emas.

Memantau Nilai Minyak

Apa hubungannya emas dengan minyak? Tentu saja ada. Sekarang penulis tanya, apa hubungannya mobil dengan bensin? Jawabannya hampir serupa.  Sekarang penulis jelaskan mengapa minyak dan emas berhubungan. Emas bukanlah aset yang mudah diperoleh, faktanya, justru kian hari emas kian menjadi aset yang langka karena dalam proses pengadaannya membutuhkan berbagai macam daya upaya. Demi mengeluarkan emas dari dalam perut bumi ini membutuhkan alat-alat berat yang hanya dapat dijalankan jika diberi bahan bakar minyak. Belum lagi untuk proses pemurnian dan pencetakan. Walaupun secara tidak langsung, kita mulai mengerti bahwa emas memang sangat berkaitan dengan minyak.

Lalu bagaimana dengan perdagangan emas dengan kontrak online? Sama saja. Hanya saja, ini kemudian tidak terlalu menjadi bahan pemikiran trader lantaran mereka hanya mengambil keuntungan dalam bentuk mata uang manakala mereka memperoleh profit dari perdagangan emas.

Untuk rumusnya kurang lebih sama dengan rumus ketika kita memantau nilai Dollar. Lakukan langkah-langkah mencari portal keuangan (mungkin portal yang telah Anda temukan untuk Dollar dapat Anda gunakan pula untuk mendapatkan berita tentang minyak), fokuskan pada harga minyak di Amerika Serikat atau dunia, selanjutnya jika Anda menemukan berita yang menginformasikan kecenderungan bahwa harga minyak naik, maka harga emas kemungkinan akan turun, demikian pula sebaliknya.
Bersambung di artikel selanjutnya ya Broooo  !!