5 Poin Penting Tentang Saham

By on August 18, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 317 kali

Investasi Saham – Poin penting tentang saham bisa Anda pelajari dari sang investor saham terkemuka yang pada tahun 2014 terpilih sebagai orang terkaya keempat di dunia, ia tak lain dan tak bukan adalah Warren Buffet. Ia dikenal sebagai orang yang meraup hasil yang cukup fantastis dengan berinvestasi saham. Kepandaiannya membaca situasi baik pada saat untung maupun rugi membuatnya kini telah menumpuk harta yang fantastis. Tentunya itu semua diperolehnya dengan pengalaman dan jatuh bangun yang pahit hingga akhirnya kini ia benar-benar menguasai investasi saham. Oleh karena itu kini banyak sekali yang ingin menjadi sepertinya dan mulai mencari tahu apa sebenarnya poin penting tentang saham yang membuat sang investor bisa mendapatkan keuntungan. Dari berbagai pengalaman Warren Buffet dari berinvestasi saham, perlahan-lahan ia memiliki pengetahuan yang cukup akan investasi saham yang membuatnya menjadi seperti sekarang ini.

Berpikir Jangka Panjang

Anda harus mengerti bahwa investasi saham ini tidak hanya berguna pada saat jangka pendek saja, melainkan saat Anda berinvestasi saham, Anda juga harus bisa membuat sebuah prediksi tentang pergerakan saham ke depannya sehingga nantinya jika Anda bisa membaca pegerakan saham itu dengan tepat maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar, poin penting tentang sahamini bisa Anda lakukan saat Anda sudah mengerti betul tentang investasi saham. Mungkin pada kali pertama, prediksi Anda tentang harga saham di waktu yang akan datang kurang tepat namun untuk ke depannya, sekali Anda mendapatkan prediksi yang tepat, maka lama kelamaan Anda terbiasa dalam hal investasi saham. Bahkan di masa yang sulit sekali pun ada orang-orang tertentu yang sudah ahli bisa menjual sahamnya dengan harga yang mahal yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain.

Saham Memberi Perlindungan Terhadap Inflasi

Melakukan investasi saham maka Anda juga harus siap-siap dengan pengetahuan mengenai istilah ekonomi yang sering disinggung dalam saham. Salah satunya adalah inflasi. Warren buffet mengatakan bahwa dengan melakukan investasi saham maka Anda bisa memberi perlindungan terhadap inflasi. Warren Buffet juga menambahkan bahwa berinvestasi di negara Amerika itu jauh lebih stabil dibandingkan dengan berinvestasi di negara lain. Itulah yang menjadi salah satu dari poin penting tentang saham.

Bukan Untuk Jangka Pendek

Jika Anda bermain saham hanya untuk jangka pendek, maka tujuan itu dirasa kurang tepat. Karena saham memang memerlukan perjuangan yang tidak mudah, untuk mendapatkan dan mengumpulkan keuntungan, Anda perlu berinvestasi dalam waktu yang lama. Maka dari itu sabar adalah salah satu kunci yang bisa membantu Anda menjadi lebih sukses dengan investasi saham.

Jangan Mundur Karena Inflasi

Inflasi bukannya membawa kerugian pada investasi saham, bagi Anda yang kurang percaya diri dengan saham pada masa inflasi, maka tidak akan pernah benar-benar maju dalam melakukan investasi saham. Karena justru investor yang berhasil melalui masa-masa sulit semasa inflasi yang akan meraup keuntungan yang paling besar, toh tidak ada keberhasilan yang didapat dalam waktu yang instan. Keberhasilan yang instan juga akan berlangsung dalam waktu yang instan.

Indeks Sebagai Acuan

Untuk benar-benar berhasil dalam investasi saham, Warren Buffet menyebutkan bahwa lebih baik mengandalkan indeks sebagai acuan daripada memanfaatkan manajer keuangan atau ahli keuangan. Karena soal keuangan, memang bisa jadi ahli keuangan itu pandai dalam melihat investasi saham, namun bisa jadi ia juga pintar untuk mengambil keuntungan dari investasi saham yang dilakukan oleh kliennya. Maka dari itu untuk lebih aman, gunakan saja indeks.