5 Konsep Membangun Bisnis Start Up Agar Sukses Dan Bertahan Lama

By on January 14, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 561 kali

Start Up Bisnis – Konsep membangun bisnis start up sukses sangat dibutuhkan bagi Anda yang tertarik untuk memanfaatkan bisnis yang sedang gencar-gencarnya ini. Perkembangan bisnis start up memang cukup luar biasa, dengan sedikitnya ada puluhan situs baru yang dibuat di Indonesia. Namun dari sekian banyak bisnis start up yang dibuka, sayangnya hanya sedikit yang bisa bertahan dan sukses dalam waktu lama. Bahkan sebagian besar bisnis start up gagal pada tahun pertama dan keduanya. Hal ini sebenarnya cukup disayangkan padahal potensi pasar di Indonesia sudah lumayan bagus. Agar Anda tidak terjebak pada isu yang sama, simak konsep membangun bisnis start up sukses berikut ini.

Memberikan layanan yang bervariasi

Perusahaan Anda bisa saja menarik perhatian pasar dan mendapatkan banyak konsumen dalam waktu yang cukup singkat. Tetapi apabila tidak ada hal yang baru dalam waktu yang lama, konsumen bisa merasa jenuh dan berpaling dari start up Anda. Misalnya perusahaan bisnis Anda bergerak di bidang jasa pembuatan software, agar layanan berkembang dan menjaga loyalitas konsumen, tambahkan layanan menyediakan cloud server bagi konsumen.

Memilih partner kerja yang tepat

Konsep membangun bisnis start up sukses yang tidak kalah penting adalah ketika memilih partner untuk bekerja dengan Anda. Selain memiliki kemampuan, kecerdasan, dan skill yang dibutuhkan untuk bekerja, partner kerja juga harus memiliki visi dan tujuan yang sama dengan Anda. Passion sangat penting untuk menentukan etos kerja seseorang. Jika orang tersebut memiliki passion yang sama dengan Anda maka pikiran dan tenaganya dan segala tindakan yang dia lakukan adalah demi memenuhi passion tersebut yang tentunya akan membuat bisnis start up Anda tetap berjalan.

Hati-hati terjebak pada status quo

Terjebak dalam status quo bisa menyebabkan Anda enggan keluar dari zona nyaman karena sudah merasa aman dengan layanan dan produk yang ditawarkan dalam start up bisnis. Sayangnya bagi para pengusaha, teknologi akan mengalami terus peningkatan yang membuat versi lamanya akan ditinggalkan cepat atau lambat. Maka dari it uterus update layanan Anda agar sesuai dengan teknologi dan permintaan pasar yang ada. Karena jika muncul teknologi yang baru, kecenderungannya adalah teknologi lama yang akan mengalami oenurunan harga. Dengan begitu apabila produk Anda tidak berkembang maka pendapatan perusahaan akan menurun dan lama-lama bisa kehilangan konsumennya.

Pengelolaan modal yang tepat guna

Pengelolaan dana yang efisien tentu menjadi salah satu konsep membangun bisnis start up sukses selanjutnya. Setiap perusahaan tentu membutuhkan modal untuk bisa beroperasi, Anda bisa mendapatkan tambahan modal dari investasi khusus start up. Salah satu investasi start up adalah dengan memasang iklan yang mementingkan isi pesan yang bisa tersampaikan dengan baik. Menggunakan modal untuk investasi juga harus dilakukan dengan hati-hati, menggunakan alat dan media yang tepat, dan juga membuat keputusan yang efektif berdasarkan data yang sudah tersedia.

Menjual diri sendiri

Konsep membangun bisnis start up sukses yang terakhir adalah dengan pandai-pandai dalam menjual diri alias menjual keunggulan perusahaan dibandingkan dengan pesaing lain. Selain meningkatkan layanan dan kualitas produk, perusahaan Anda juga harus mudah dijangkau, dihubungi, dan dilihat oleh para investor yang berpotensi atau perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan bisnis Anda.  Anda juga bisa membentuk tim PR yang memiliki kredibilitas untuk membangun image perusahaan start up Anda. Itulah beberapa tips untuk konsep membangun bisnis start up yang sukses.