5 Jenis-Jenis Investasi Emas yang Ada Di Indonesia

By on June 23, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 312 kali

Investasi Emas – Jenis-jenis investasi emas ternyata ada lumayan banyak, Anda bisa memilih mana investasi emas yang paling menguntungkan bagi Anda dengan mempertimbangkan faktor resikonya. Emas masih dianggap investasi yang menguntungkan di Indonesia karena tren harga emas akan terus mengalami peningkatan. Investasi emas juga dianggap lebih aman dan kecil resikonya jika dibandingkan dengan investasi yang likuiditasnya lebih tinggi tapi faktor resikonya juga tinggi. Berikut adalah beberapa jenis-jenis investasi emas yang bisa Anda lakukan untuk menambah pundi-pundi kekayaan Anda.

Emas perhiasan

Jenis-jenis investasi emas yang paling umum bahkan dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah dalam bentuk perhiasan. Namun membeli emas perhiasan sebenarnya kurang tepat jika tujuannya memang untuk investasi. Karena ketika membeli perhiasan Anda tidak hanya membayar harga emasnya saja namun juga biaya pembuatan dekorasinya. Sehingga ketika dijual, pedagang emas hanya akan membayar harga emas yang berlaku hari itu namun tidak bersedia untuk mengganti biaya pembuatan perhiasan, karena biasanya perhiasan yang dijual akan dilebur dan dibuat menjadi perhiasan baru.

Emas batangan dan koin

Emas batangan dan koin adalah jenis-jenis investasi emas yang disarankan bagi Anda yang ingin menabung dalam jangka waktu panjang. Resikonya pun juga kecil dan tidak terpengaruh dengan inflasi sehingga harganya akan mengalami kenaikan dalam periode jangka panjang. Emas batangan atau logam mulia bisa dibeli dengan ukuran mulai dari 100 gram hingga 1 kg yang bisa  Anda simpan dan dijual kembali ketika harga emas sudah naik secara signifikan. Sedangkan untuk koin emas lebih biasa disebut sebagai koin ONH (Ongkos Naik Haji) karena lebih banyak digunakan oleh umat muslim yang ingin menabung untuk naik haji.

Emas berjangka

Investasi emas berjangka atau yang biasa juga disebut dengan sertifikat atau kontrak emas ini adalah bentuk investasi di mana Anda tidak mendapatkan emas secara fisik namun mendapatkan sertifikat kepemilikan dari emas yang disimpan di suatu negara tersebut. Hak milik Anda atas emas pun bisa hanya sebagian kecil saja sehingga modal untuk investasi cenderung lebih kecil karena Anda tidak diwajibkan untuk membeli emas batangan secara utuh. Jenis-jenis investasi emas berjangka ini mekanismenya hampir mirip dengan investasi saham dan juga forex di mana yang dijual adalah nilai dari kontrak Anda dan bukan emas batangannya.

Saham perusahaan tambang emas

Jika Anda bingung mamu memilih investasi saham atau investasi emas, kenapa tidak keduanya saja sekalian? Membeli saham dari perusahaan pertambangan emas bisa jadi jenis-jenis investasi emas yang menguntungkan karena biasanya apabila emas mengalami kenaikan harga maka harga saham dari perusahaan tersebut juga naik. Anda bisa menjual saham yang Anda miliki ketika harga saham tersebut naik dan membelinya ketika harga saham turun.

Emas kuno dan emas lokal

Jenis-jenis investasi emas yang terakhir adalah emas kuno dan juga emas lokal. Investasi emas kuno biasanya dilakukan oleh para kolektor yang mengoleksi koleksi koin-koin emas yang dulu eksis pada masa peradaban kuno atau biasa disebut dengan harta karun. Koin-koin ini biasanya memiliki nilai jual yang sangat tinggi karena selain kualitas emasnya yang baik, ada nilai sejarah yang terkandung pada koin-koin emas kuno tersebut. Sedangkan emas lokal adalah emas yang proses pemurniannya dilakukan oleh industri-industri lokal sehingga tingkat kemurniannya bisa berbeda. Harga jual emas lokal ini juga berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya. Itu dia beberapa jenis yang populer untuk jenis-jenis investasi emas.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty