5 Hal yang Harus Dilakukan Orangtua agar Anak Bisa Sukses

By on October 3, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 235 kali

Orang tua mana sih yang tidak bangga saat buah hati mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang sukses dalam bidangnya masing-masing? Namun, kesuksesan itu hanya dapat diraih melalui proses dan peran serta Anda.

Menjadi orang tua adalah pekerjaan full time dan tak pernah menjadi mudah. Hal ini karena orang tua bertanggung jawab atas kesehatan dan perkembangan anak.

Seorang anak tumbuh menjadi orang dewasa yang mandiri, sopan dan ceria, akan mencerminkan orang tua dan pola pengasuhan mereka.

Ketika seorang anak tumbuh menjadi manja, kasar dan malas, banyak orang akan langsung menyalahkan orang tuanya yang telah gagal dalam mendidik anak.

Pastikan putra-putri Anda mengawali hidup mereka dengan baik. Ikuti saran kami berikut ini tentang bagaimana membantu anak meraih sukses.

1. Ajarkan tentang keriangan

Anak-anak periang selalu tumbuh menjadi orang dewasa yang sukses. Ini karena anak-anak selalu dapat melihat sisi positif dari semua kejadian yang paling buruk sekalipun dan selanjutnya menghadapi kenyataan. Anak-anak yang riang tidak akan mengucapkan ‘aku benci hidupku’ atau ‘seluruh dunia membenciku’.

Biasakan diri untuk mengarahkan anak melihat sisi cerah dari semua kejadian dan tak pernah menyerah meski telah membuat kesalahan atau mengalami kejadian yang tak menyenangkan. Ini adalah salah satu cara untuk membantu anak Anda menjadi orang dewasa yang sukses.

[Baca juga: Tahapan-tahapan investasi]

2. Berikan kasih sayang

Sebaik apapun anak Anda, ia tak akan pernah meraih sukses jika kurang merasakan kasih sayang. jangan pelit memberikan pelukan, ciuman, pujian dan dukungan, khususnya pada saat anak Anda membutuhkannya.

Meski putra putri Anda telah beranjak remaja, jangan lupa berikan pujian saat ia mmebuat keputusan tepat seperti belajar dan menjauhi televisi tanpa Anda memintanya. Atau saat ia lebih memilih makan buah apel daripada keripik kentang. Putra remaja Anda mungkin akan menganggap Anda berlebihan, namun jauh dalam hatinya mereka merasa bahagia dengan perhatian dan pujian Anda.

3. Memarahi dengan bijaksana

Tunjukkan pada anak bahwa Anda menerima mereka dengan apa adanya. Anak-anak bukanlah suatu benda yang segera dapat Anda perbaiki atau modifikasi ketika Anda merasa tidak puas.

JIka Anda menginginkan mereka bertingkah laku baik, ucapkan dengan kata-kata yang pantas dan tidak akan membuat mereka merasa kesal atau membenci Anda.

[Baca juga: Lima langkah penting sebelum melakukan investasi]

Daripada mengatakan ‘kenapa kamu tidak bisa diatur?’ atau ‘Ibu kan sudah bilang kamu tak boleh melakukan itu!’, lebih baik katakan sesuatu seperti ‘Ibu tahu kamu tidak suka, tapi kita harus melakukannya.’ atau ‘Duduk disini dulu dan temani Ibu ya. Nanti kita main sama-sama.

4. Dengarkan pendapat anak Anda

Orang tua sering kali lupa bahwa anak-anak punya pendapat sendiri. Salah satu cara untuk membantu anak Anda menjadi orang dewasa yang sukses adalah menanyakan apa yang mereka pikirkan berkaitan dengan masalah tertentu secara berkelanjutan.

Jawaban mereka mungkin sedikit menggelikan. Namun anak-anak akan tumbuh dewasa dan mereka akan dapat mengekspresikan perasaan mereka dengan layak, bahkan mempertahankan apa yang telah mereka yakini.

5. Perhatikan bakat mereka

Salah satu cara lain untuk membantu anak Anda meraih sukses adalah dengan memperhatikan bakat mereka. Nilai matematika anak lelaki Anda tidak terlalu bagus, namun ia mampu menggambar bangunan bak seorang arsitek.

Anak gadis Anda tidak terlalu cerdas di bidang akademis, namun ia mudah berteman dengan siapa saja. Perhatian Anda terhadap bakat yang dimiliki atau sesuatu hal yang ia sukai akan membuat mereka belajar untuk mencintai diri sendiri, dan menjadi pribadi yang lebih percaya diri.

Semoga ulasan ini bisa bermanfaat ya 🙂

Incoming search terms: