4 Tips Mengatasi Kegagalan Saat Merintis Usaha

By on March 23, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 389 kali

Bisnis – Saat memutuskan menjadi enterpreneur harus siap gagal, namun bangkit lagi. Menjadi entrepreneur tidaklah semulus selama menjadi karyawan. Selain harus bekerja keras, Anda juga harus siap menghadapi banyak kesulitan hingga berulang kali gagal. Sudah bukan rahasia lagi jika merintis usaha atau bisnis mandiri selalu memiliki peluang untuk gagal. Namun kegagalan bukanlah alasan bagi entrepreneur untuk lantas mundur dan menyudahi usahanya. Kegagalan harus menjadi pekerjaan rumah yang harus selalu diperbaiki dalam rangka mendapatkan kesempurnaan bisnis. Berikut ini beberapa tips mengatasi kegagalan dalam merintis sebuah bisnis:

Berpikir positif

Salah satu kesalahan besar seorang entrepreneur dalam menjalankan bisnisnya adalah ketika berpikiran buruk mengenai kegagalan. Saat Anda memiliki pikiran buruk mengenai kegagalan, Anda tidak akan bisa melihat pelajaran apa yang bisa Anda dapatkan dari kegagalan yang Anda alami. Bisa jadi Anda akan menyalahkan keadaan hingga menyalahkan orang lain atas kegagalan ini. Sebaliknya, saat Anda mampu berpikiran positif pada kegagalan yang Anda alami, maka banyak pelajaran yang bisa Anda ambil dari kegagalan ini. Selain mengambil pelajaran, Anda juga tidak akan berlama-lama terpuruk melainkan segera mencari solusi untuk mengatasi kegagalan ini. Sehingga kegagalan yang Anda alami tidak menimbulkan efek yang labih buruk pada bisnis Anda selanjutnya.

Menjadi pelajaran

Salah satu hal yang tersimpan dalam kegagalan adalah hikmah atau pelajaran. Sebagai seorang pebisnis yang terbiasa menganalisis pasar hingga konsumen, Anda harus bisa menganalisa kegagalan yang terjadi. Tidak hanya mengenai penyebab kegagalan tapi juga bagaimana caranya agar kegagalan ini tidak lagi terjadi saat Anda harus bangkit kembali. Saat Anda mampu menganalisa penyebab kegagalan, segera bangkit  kembali dan pastikan tidak melakukan kesalahan yang sama. Piliha jalan yang berbeda sehingga kegagalan yang sama dapat dihindari. Bila perlu diskusikan dengan partner bisnis atau pegawai Anda sehingga mereka mendukung upaya yang Anda lakukan untuk bangkit dan tidak mengulangi kegagalan yang sama.

Hanya sementara

Menganggap kegagalan sebagai sebuah kehancuran yang menjadi akhir bisnis Anda adalah keliru. Pada awal kegagalan, mungkin Anda akan dibuat bingung  dan tidak tahu harus bagaimana. Namun semua kegagalan yang Anda alami bukanlah akhir dari segalanya. Jika Anda beranggapan kegagalan adalah akhir segalanya, ingatlah dengan keluarga, pegawai dan mimpi yang harus Anda wujudkan. Karena itu saat kegagalan terjadi, segera bangkit dan mulai kembali. Kegagalan bukanlah kondisi yang mengharuskan Anda berhenti selamanya menjalankan bisnis. Justru saat Anda gagal, Anda harus segera menyiapkan diri untuk mencari solusi dan bangkit menjalankan bisnis kembali. Seperti luka yang dapat sembuh seiring berjalannya waktu, seperti itulah kegagalan. Saat Anda mulai mencari solusi, saat itulah kegagalan akan dengan cepat berlalu.

Bangkit dan memotivasi diri

Kegagalan memang menakutkan. Namun rasa takut yang tidak dihadapi justru akan membuat Anda menjadi seorang entrepreneur yang lemah. Jika seorang entrepreneur menjadi lemah, bisa dipastikan bisnis yang dirintisnya akan gulung tikar. Ketakutan harus dihadapi sehingga Anda menjadi pribadi yang handal. Kuatkan tekad Anda terutama saat menghadapi kesulitan dan kegagalan. Saat kegagalan terjadi, jangan berlarut-larut dalam penyesalan. Jangan berlama-lama meratapi kesalahan. Sebagai seseorang yang merintis bisnis, Anda harus segera memotivasi diri untuk bangkit. Mulai meyakinkan diri kembali untuk mencari solusi terbaik mengatasi kegagalan yang terjadi. Jika solusi sudah Anda dapatkan, segera jalankan untuk menata kembali bisnis Anda. Secepat mungkin jemput kembali keberhasilan Anda. Pastikan menjadi enterpreneur harus siap gagal, namun bangkit lagi sehingga bisnis yang Anda rintis sedikit demi sedikit berkembang.

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty