4 Persiapan Start Up Bisnis Online

By on July 2, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 396 kali

Start-Up Bisnis – Memiliki bisnis online yang terus membesar memang menyenangkan. Tapi, Anda juga harus tahu bahwa banyak sekali bisnis yang bermula dari sebuah bisnis kecil. Pemilik bisnis tersebut mempersiapkan start up bisnisnya dengan baik dan matang.

Hasilnya, bisnis mereka tidak hanya bisa bertahan hingga saat ini tetapi juga berkembang. Lalu, sebenarnya, persiapan apa saja yang harus lakukan saat menjalankan start up bisnis Anda?

Mempersiapkan Tempat Berjualan

Layaknya persiapan bisnis biasanya, Anda harus mempersiapakan lokasi atau toko sebagai tempat bisnis Anda. Seiring dengan perkembangan teknologi, bisnis pun berkembang pesat. Memiliki toko sendiri memang menjadi idaman, namun untuk start up khususnya dengan modal yang sangat terbatas, maka keinginan memiliki toko harus ditunda.

Tapi, bukan berarti Anda harus menghentikan rencana Anda untuk menjalankan bisnis. Selain toko offline, saat ini Anda sudah bisa membuka toko secara online. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat sebuah toko online jauh lebih terjangkau ketimbang menunggu memiliki toko offline. Dengan memanfaatkan toko online, Anda bisa langsung menjalankan bisnis dengan cepat.

Anda bisa menjalankan bisnis tersebut di manapun dan kapanpun Anda mau. Namun, tetap saja sebagai start up, Anda tidak bisa langsung mencapai tangga kesuksesan. Tentu, Anda harus menjalankan berbagai metode promosi secara online dan terus membangun kepercayaan kepada calon pembeli Anda.

Mempersiapkan Sistem Pembayaran

Jika toko online Anda sudah siap, itu artinya start up bisnis Anda sudah setengah jalan. Setelah itu, Anda harus memikirkan persiapan selanjutnya. Persiapan selanjutnya adalah metode pembayaran dan hal-hal yang berkaitan dengan manajemen keuangan lainnya. Kabar baiknya, bisnis online menawarkan kemudahan.

Pembeli hanya perlu transfer melalui ATM atau Visa atau bahkan PayPal untuk membayar produk atau jasa yang mereka beli melalui toko online Anda. Tentu saja, tugas Anda untuk menyiapkan kebutuhan mereka sehingga mereka lebih nyaman saat bertransaksi dengan Anda. Ingat! berikan kepercayaan kepada mereka dan Anda harus membangunnya sedari bisnis Anda masih kecil.

Jika dilakukan terus menerus maka bisnis Anda akan berkembang dengan baik. Intinya, sebagai pebisnis online Anda juga harus terus belajar dari kebutuhan konsumen Anda. Pelajari teknologi terkini yang memudahkan pebisnis online untuk menerima pembayaran dari pembeli.

Manajemen keuangan pun bisa dilakukan dengan mudah. Pasalnya, ada beberapa website terpercaya yang memberikan layanan pengaturan keuangan. Persiapan seperti ini sangat penting untuk mempertahankan start up bisnis online Anda di mana masa ini adalah masa sibuk Anda.

Mempersiapkan Pengiriman yang Aman

Sebagai start up bisnis online, Anda juga harus mempelajari mengenai cara mengirim yang baik dan memuaskan kepada pembeli Anda. Saat ini ada banyak sekali jasa pengiriman yang bisa Anda gunakan. Pastikan bahwa jasa pengiriman tersebut membuat Anda tenang dan memuaskan pembeli Anda. Secara spesifik, jasa pengiriman tersebut memberikan harga yang terjangkau, mengirim barang tanpa cacat, dan mengirimkannya tepat waktu.

Mempersiapkan Menghadapi Komplain Pembeli

Anda tidak akan bisa menghindari komplain dari pembeli karena aka nada beberapa masalah di perjalanannya. Namun, justru hal ini menjadi tantangan untuk mengembangkan start up bisnis online Anda. Komplain harus dilakukan dengan baik agar tidak hanya memuaskan pelanggan tetapi juga memuaskan Anda. Jangan lari saat harus bertanggung jawab. Berikan jawaban dan solusi yang tepat.

Menjalankan start up bisnis online memang lebih mudah namun juga tidak bisa diremehkan. Jika Anda tidak mempersiapkannya dengan baik, maka bisa jadi Anda harus gulung tikar dari?bisnis online?Anda layaknya bisnis pada umumnya. Namun, bukan berarti Anda harus menunggu dan justru ragu karena persiapan belum lengkap. Jalankan sambil berjalan kemudian kembangkan.