3 P Dalam Memulai Bisnis. Apa Sajakah Itu?

By on January 12, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,074 kali

SuccessStart-Up Bisnis – Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memulai bisnis. Faktor-faktor primer di antaranya adalah tiga “P” yaitu Plan (Merencanakan), Prepare (Mempersiapkan) dan Persist (Bertahan). Tiga hal ini adalah baku di mana tanpa salah satunya saja, Anda tidak dapat menjalankan bisnis secara langgeng dan akhirnya gulung tikar. Lho kok bisa ya, orang bisnisnya tidak perlu menggunakan tikar? Yah itu masih mending daripada tergulung ombak, hilang semua wkwkwkwk. Yang jelas pelajari baik-baik 3 P ini dan semoga bisnis Anda berkembang dan sukses. Silahkan disimak!

Merencanakan

Setelah Anda telah memilih sejumlah ide dari brainstorming untuk dasar bisnis Anda, mulailah untuk membuat rencana serangan. Ini memang mirip peperangan yang harus Anda menangkan. Daftar apa yang akan Anda butuhkan sebelum bisnis Anda dimulai. Biaya apa saja yang mungkin akan Anda keluarkan untuk membiayai proses realisasi? Faktor termasuk sewa, izin, utilitas, biaya hukum, lisensi, staf, persediaan, jaminan pemasaran, desain, software, mailing list, iklan dan banyak lagi. Dapatkan sebanyak yang Anda bisa di atas kertas dan tetapkan tenggat waktu untuk meraih hal-hal yang hendak dicapai. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengevaluasi kecepatan Anda.

Mempersiapkan

Setelah Anda mempunyai rencana, sekarang giliran Anda untuk melaksanakannya. Bersiap untuk memulai usaha bisa menuntut kita mengerjakan banyak sekali urusan. Tugas termasuk membuat identitas yang telah dirancang, pengacara, brosur, membuat kartu nama, situs web dan materi pemasaran lainnya, berkonsultasi dengan CPA jika Anda bermaksud mengiklankan bisnis Anda secara online, profesional HR, dalam beberapa kasus mencari dan menyewa atau membeli sebuah toko atau kantor, perabotan ruang bisnis, mendapatkan utilitas di tempat bisnis Anda, menerima dan mengatur persediaan, mengelola database untuk pelanggan Anda, memimpin dan sederet tugas lainnya yang mungkin akan membuat Anda super sibuk. Dengan menjalankan bisnis rumahan, beberapa langkah-langkah ini sudah akan dapat diurus, namun membuka usaha apapun dapat menjadi tugas yang sangat besar. Sementara bisnis Anda direncanakan,  pastikan untuk meluangkan banyak waktu untuk dibangun sambil jalan. Lebih baik untuk merencanakan waktu pembnangunan Anda lebih lama daripada terlalu singkat dan mendapati diri Anda kehabisan uang.

Bertahan

Ini adalah langkah yang paling penting dalam menjalankan bisnis. Tanpa ketekunan, Anda bahkan tidak akan mampu menyelesaikan rencana bisnis Anda secara sempurna. Tunggu dengan kesabaran yang tidak terbatas. Ketika bisnis Anda akan menjadi sulit, jadilah lebih kuat. Milikilah skenario terburuk apabila yang Anda alami adalah kejatuhan serta rencana skenario terbaik.

Beberapa bisnis menjadi keberhasilan yang diraih dalam semalam, namun membutuhkan dua tahun untuk berkembang. Jika Anda merencanakan, mempersiapkan dan terus bertahan, Anda punya kesempatan yang sangat baik untuk membuat bisnis Anda selakin besar dan semakin besar lagi.