3 Cara Merencanakan Keuangan dengan Gaji Kecil

By on August 4, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 388 kali

Perencanaan Keuangan – Memiliki gaji kecil tidak berarti rencana keuangan gaji kecil tidak dapat dibuat. Justru dengan gaji kecil, sebuah rencana keuangan yang matang harus dibuat. Sehingga semua kebutuhan yang menjadi prioritas dapat dipenuhi tanpa harus melebihi jumlah penghasilan yang Anda dapatkan. Meski tidak mudah namun bukan berarti rencana keuangan tidak dapat dilakukan. Berikut ini beberapa cara mudah untuk membuat rencana keuangan bagi Anda dengan penghasilan kecil:

Membuat daftar list kebutuhan prioritas

Salah satu hal yang membuat kondisi keuangan memburuk adalah saat jumlah pengeluaran lebih besar dari penghasilan yang Anda dapatkan. Kondisi ini seringkali terjadi pada mereka yang tidak membuat rencana keuangan. Biasanya dipicu oleh keinginan belanja yang berlebihan sehingga membuat biaya pengeluaran membengkak. Karena itu sangat penting untuk membuat daftar kebutuhan yang menjadi prioritas sebelum membuat rencana keuangan.
Sayangnya cukup sulit untuk membuat daftar kebutuhan yang menjadi prioritas. Banyak yang tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Akibatnya banyak keinginan yang sebenarnya tidak terlalu penting justru dibeli dan menghabiskan biaya. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat daftar belanja yang berisi kolom kebutuhan dan keinginan. Setelah daftar dibuat, Anda harus memilah daftar tersebut menjadi kebutuhan dan keinginan.

Dari daftar belanja yang telah dipilah tersebut, Anda dapat melihat mana kebutuhan yang menjadi prioritas. Nantinya kebutuhan prioritas ini akan menjadi kebutuhan wajib yang Anda beli setiap bulannya. Sementara keinginan yang tidak menjadi prioritas harus Anda sisihkan. Keinginan ini dapat Anda penuhi sesekali tentunya dengan pertimbangan rencana keuangan gaji kecil yang Anda buat tidak lebih besar pasak dari pada tiang.

Menghitung pendapatan

Setelah membuat daftar kebutuhan prioritas, saatnya menghitung pendapatan. Jika Anda hanya memiliki satu jalur pendapatan, maka memastikan pendapatan tersebut dapat memenuhi daftar kebutuhan adalah sebuah keharusan. Misal jumlah pendapatan Anda sebesar 1 juta rupiah, sementara hasil penghitungan pengeluaran menunjukkan angka 1.2 juta rupiah, maka penghasilan Anda tidak mampu memenuhi kebutuhan yang Anda keluarkan.

Untuk menyiasati penghasilan yang lebih kecil dari jumlah pengeluaran, Anda harus membuat rencana kembali. Bagaimana memenuhi kekurangan sebesar 200 ribu rupiah ini sehingga kondisi keuangan Anda tidak memburuk. Salah satu cara menyiasati kondisi ini adalah dengan mencari penghasilan tambahan dengan investasi atau menjalani bisnis dropshipping yang Anda ketahui risiko sekaligus keuntungannya.

Selain mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan, Anda juga bisa menyiasati besarnya pengeluaran dengan cara lain. Yakni mencoba untuk mengubah daftar prioritas kebutuhan yang Anda buat. Dari sejumlah kebutuhan prioritas yang Anda buat, pilah-pilah kembali sehingga jumlah kebutuhan tersebut dapat dikurangi. Pilih kebutuhan yang dapat ditunda pemenuhannya sehingga jumlah pengeluaran Anda berkurang dan tidak melebihi jumlah penghasilan.

Amplop atau rekening terpisah

Dalam rencana keuangan untuk Anda yang bergaji kecil, memiliki tabungan sangat penting untuk menjaga kondisi keuangan tetap stabil. Namun tidak mudah untuk menyisihkan uang dari gaji yang kecil sehingga bisa ditabung. Hal ini bisa Anda siasati dengan cara menyicil sedikit demi sedikit pada beberapa bulan penghasilan Anda. Uang cicilan dari beberapa bulan penghasilan Anda dapat Anda sisihkan sebagai tabungan.

Uang tabungan dan juga pendapatan harus disisihkan. Bedakan ke dalam amplop atau dengan membuat rekening tersendiri untuk uang tabungan dan juga penghasilan yang digunakan memenuhi kebutuhan prioritas. Sehingga uang tabungan Anda tidak digunakan secara sengaja atau tidak sengaja untuk memenuhi kebutuhan prioritas. Dengan uang tabungan ini, rencana keuangan gaji kecil yang Anda buat akan memastikan kondisi finansial lebih stabil ke depannya.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty