3 Cara Kenali Tanda Investasi Bodong

By on May 23, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,134 kali

3 Cara Kenali Tanda Investasi Bodong

Maraknya aksi penipuan bermodus investasi emas yang terjadi di wilayah DKI Jakarta menjadi perhatian khusus aparat penegak hukum. Bahkan Polda Metro Jaya mengakui tengah mempelajari aksi penipuan investasi bodong tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto mengatakan, para pelaku penipuan saat melakukan aksinya, umumnya menawarkan produk-produk dengan cara yang meyakinkan dan menggiurkan bagi konsumennya.

“Produk investasi ini resmi, izin operasinya ada. Terlihat berjalan seperti tidak ada masalah seperti bisa beri keuntungan pada nasabah, tapi banyak yang tidak wajar biasanya,” kata Rikwanto di Jakarta, Rabu (22/5/2013).

Dalam aksinya, penipu investasi emas biasanya memulai dari sekelompok orang yang menjadi target operasinya dengan jumlah mencapai 20 nasabah. Selanjutnya, produk investasi tersebut biasanya dipromosikan dari mulut ke mulut.

“Namun, ketika nasabah bertambah banyak, pemilik perusahaan investasi akan menarik asetnya perlahan, mereka menargetkan saat memasuki bulan ke-9 sampai 11,” lanjut Rikwanto.

Untuk itu, Rikwanto mengimbau pada masyarakat agar tidak mudah tergiur dan memperhitungkan langkah dalam berinvestasi. “Karena sistem mereka itu kan gali lubang tutup lubang,” pungkasnya. (Letysia Searamita, Liputan6 News)